Antisipasi Lonjakan Trafik Layanan Saat Natal, Telkomsel Bangun 776 BTS Baru

  • Whatsapp

Makassar, Wartamaluku.comAntisipasi – Mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada hari Natal dan Tahun Baru, Secara nasional Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringannya yakni 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi.

Selain itu secara khusus, Telkomsel membangun 776 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan. Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

Dari seluruh titik tersebut, 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta Bali, Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), Lapangan Merdeka (Ambon). Khusus mall dan pusat perbelanjaan, Telkomsel telah mengoptimalkan jaringan 4G untuk mengantisipasi lonjakan trafik data di 49 titik.

Kesiapan Telkomsel dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2019 disampaikan melalui Press Conference yang dilaksanakan di Kantor Baruga Telkomsel oleh Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka – Ronny Arnaz yang didampingi Vice President ICT Network Management Telkomsel Area Pamasuka – Samuel Pasaribu, Vice President Sales and Marketing Telkomsel Area Pamasuka – Herry Setiawan dan Vice President Business Support Telkomsel Area Pamasuka – Ari Besar Pribumi .

Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka – Ronny Arnaz mengatakan, “Momen Natal dan Tahun Baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakaan momen bagi masyarakat Indonesia menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya. Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati waktu liburannya, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun.”

“Kami secara rutin terjadwal melakukan uji jaringan, khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian kami juga telah melakukan optimalisasi jaringan. Sehingga penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video pada aktivitas pergantian tahun kami jamin kelancarannya,” lanjut Ronny .

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, baik secara nasional dan area Pamasuka trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20% dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31%. Di sampimg itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain online games. Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5% pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4% dibandingkan hari biasa.

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 3.779 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 428 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia. Bagi pelanggan yang terbiasa menggunakan layanan pesan instan, layanan self-service GraPARI Virtual siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7 x 24 jam yang dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Telegram.

Pada periode Desember 2018 hingga Januari 2019, Telkomsel juga menggelar beberapa program yang khusus dihadirkan untuk pelanggan. Diantaranya adalah Pesta Akhir Tahun dengan membeli paket dan menukar Telkomsel Poin yang berhadiah Samsung J4, Yamaha NMAX, Honda HRV, hingga Mercy CLA. Selain itu juga ada program Paket Data Deal 25 Gb, Paket Smartphone TAU Lite 6, serta Main Game Seru dengan bertransaksi di GooglePlay berhadiah langsung paket data 500Mb. Info selengkapnya mengenai program-program ini dapat diakses melalui website resmi Telkomsel www.telkomsel.com dan aplikasi MyTelkomsel.

Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 184.000 BTS di seluruh Indonesia hingga penjuru Nusantara. Lebih dari 51.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 500 kota kabupaten juga disiagakan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

Kesiapan Layanan Area Pamasuka Pada Perayaan Natal 2018 & Tahun Baru 2019

Telkomsel Area Pamasuka telah melakukan sejumlah aktivitas untuk mengawal lonjakan trafik komunikasi pada perayaan natal dan pergantian tahun 2019.

Terdapat 158 titik POI (Point Of Interest) dengan klasifikasi 55 titik platinum, 48 titik gold dan 55 titik silver yang didalamnya termasuk 3 posko Crowd di Lapangan Merdeka Ambon, Manado Town Square, Lapangan Merdeka Balikpapan serta 15 titik posko siaga di tempat wisata. Disetiap Poskonya Telkomsel menyediakan layanan selling produk, Edukasi produk digital dan broadband, user experience dan tukar Poin untuk mendapatkan gimmick menarik dari Telkomsel”. Pelanggan juga dapat memperoleh berbagai produk minuman Nestle dengan gratis cukup dengan menukarkan minimal 30 TelkomselPOIN saja di seluruh posko Platinum dan Gold di seluruh Area Pamasuka.

Peningkatan kapasitas network dilakukan di 158 titik POI seperti melakukan penambahan 198 New Site 4G baru yang tersebar di Regional Regional Area Pamasuka (Kalimantan, Sulawesi dan Papua Maluku) , Melakukan upgrade capacity 4G di 60 titik lokasi dan mensiagakan 25 Mobile BTS (COMBAT) yang ditempatkan di titik titik keramaian saat tahun baru dan tempat wisata untuk mengantisipasi lonjakan trafik sehingga pada saat perayaan pergantian tahun pelanggan dapat menggunakan layanan Telkomsel dengan nyaman.

Untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan Telkomsel dalam menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 , Telkomsel Area Pamasuka menyiapkan layanan berupa 18 layanan GraPARI, 14 GraPARI Mini, 208 Mobile GraPARI , 122 Telkomsel Distribution Center (TDC) dan 890 Outlet Siaga.

Untuk memonitor trafik jaringan, Telkomsel menyiapkan posko siaga network yang standby 24 jam mulai tanggal 22 Desember 2018 hingga 3 Januari 2018 yang terdiri dari 3 Posko Utama yang ada di masing-masing kota Regional yaitu (Makassar, Balikpapan dan Jayapura) dan 12 Posko Network Service yang di Masing-masing lokasi Branch di luar kota Regional serta mensiagakan 229 Personnel standby siaga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *