Anakotta : Pancasila Harga Mati Bagi Bangsa Indonesia

Kairatu, Wartamaluku.com – Anggota MPR RI, Novita Anakotta menyarankan agar generasi muda untuk tetap menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai satuya-satunya dasar Negara Indonesia.

Menurut Anakotta kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tungal Ika dan NKRI) yang digelar oleh MPR sangat direspon baik oleh kalangan generasi muda baik pelajar maupun mahasiswa.

Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar yang dilakukan sesuai dengan amanat UU sejatinya bertujuan untuk memberikan penguatan akan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat, sehingga mampu dipahami dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Terkadang saya lebih banyak melakukan sosialisasi Empat Pilar di sekolah dan kampus, dan direspon baik oleh para siswa dan mahasiswa.

Bagi saya sebagai generasi muda tentu sangat penting untuk diberikan penguatan nilai-nilai kebangsaan, karena mereka adalah penerus cita-cita bangsa yang harus dibebaskan dari pola pikir yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan itu sendiri,” ujar Anakotta Jumat (29/09/2017).

Hal ini ditegaskan Anakotta saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan pada SMK Negeri 4 Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

Menurut Anggota DPD RI Dapil Maluku ini, saat ini berbagai macam gejolak bangsa yang terjadi seakan ingin merongrong Pancasila sebagai dasar utama Negara Indonesia sesuai yang dicita-citakan para pendiri banga ini.

Sehingga penguatan nilai-nilai kebangsaan kepada para generasi muda dianggap sangat penting untuk dilakukan.

“Sebagai Generasi muda yang kuat, cerdas, serta berkarakter kebangsaan adalah modal utama kita membangun bangsa ini jauh lebih baik kedepan.

Fenomena bangsa saat ini menuntut generasi muda termasuk adik-adik siswa untuk harus terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Apapun yang terjadi Pancasila harga mati Bangsa Indonesia, “ ucapnya dihadapan ratusa siswa.

Dirinya mengajak para pelajar untuk tetap bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki karaterisitik bangsa yang berbeda dengan seluruh Negara di dunia.

Kemampuan dan kecerdasan anak bangsa Indonesia juga tidak kalah jauh dengan bangsa lain, olehnya itu penguatan nilai-nilai kebangsaan penting untuk dilakukan.

“Kita harus bangga menjadi anak bangsa yang dilahirkan di bumi pertiwi Indonesia ini, kemampuan dan kecerdasan kita tidak kalah jauh dengan bangsa lain.

Sehingga penting untuk kita tingkatkan pemahaman nilai-nilai kebangsaan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang kuat, “ tutur senator perempuan Maluku ini.(WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *