Anakotta Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SUPM Ambon

Ambon, Wartamaluku.com – Anggota DPD RI, Novita Anakotta, meminta kepada semua pihak termasuk pada kaum muda dan pelajar untuk tetap meningkatkan semangat nasionalisme dalam kehidupan. Hal ini diungkapkan dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar kebangsaan yang digelar di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon, (19/01/2019.

“Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk bagaimana kita dapat menggali nilai-nilai yang terkadung dalam Empat Pilar kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara agar dapat dipahami secara utuh. Sehingga Para siswa juga harus lebih meningkatkan rasa nasionalisme , “ jelas Anakotta.

Anakotta juga mengatakan, sosialisasi empat pilar kebangsaan ini bukan semata-mata hanya melaksanakan tugas sebagai perwakilan daerah di MPR RI, tetapi lebih dari itu empat pilar adalah penyokong dan penyangga kehidupan berbangsa dan bernegara yang sangat beragam dengan kultur serta budaya.

“Pemaknaan ini penting untuk didorong kepada generasi muda, sehingga mereka semakin mengakar dan bertumbuh dalam pemaknaan tentang ke-Indonesia-an. Bahkan sebagai kaum muda adik-adik harus menjadi pilar utama penjaga pancasila. Apalagi adik-adik ini ada pada wilayah perbatasan NKRI, “ cetusnya.

Karena itu, Anakotta berharap sosialisasi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI ini jangan dijadikan sebagai rutinitas semata tetapi harus dimaksimalkan untuk mendorng masyarakat menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan agar supaya segala bentuk radikalisme dan faham-faham anti pacasila dapat dilawan.

“Jadi dengan kegiatan ini, adik-adik bisa memahami apa itu 4 pilar kebangsaan. Sehingga kita bisa menumbuhkan semangat cinta Indonesia dan memperkuat semangat nasionalisme kita, “ harapnya.

Para Guru dan siswa pun sangat antusias dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Kegiatan ini dipandang dapat memberikan pemaknaan serta pengetahuan tentang nilai-nilai kebangsaan dan semangat dalam menjaga NKRI. Bahkan para siswa pun memberikan tanggapan dan masukan berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam kegiatan tersebut. (WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *