Bappeda KTT Gelar Bimtek Perencanaan Berbasis E- Planing

Tanimbar, Wartamaluku.com – Bappeda Kabupaten Kepulauan Tanimbar menggelar kegiatan Optimalisasi Perencanaan Berbasis E-Planning atau Bimbingan Teknis Aplikasi Simda Perencanaan, yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Kepulauan Tanimbar Piterson Rangkoratat, SH, Rabu (25/09) di Saumlaki.

Bupati dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah mengatakan, Bimbingan Teknis Perencanaan yang Berbasis E-Planning merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendesak untuk Pemerintah Daerah, dalam rangka mempersiapkan semua hal yang terkait dengan proses-proses perencanaan sampai pada penganggaran, tentunya melalui mekanisme-mekanisme pengeolaan pada setiap tahun anggaran berjalan.

Selanjutnya dikatakan, tahapan perencanaan yang dilakukan merupakan mata rantai dari proses pembangunan secara simultan. Dilihat dari fungsinya, kita kenal empat tahapan perencanaan, yaitu penyususnan rencana, penetapan rencana, pengendalian pelaksnaan rencana dan evaluasi pelaksanaan rencana, sebutnya. Karena itu, sesungguhnya aplikasi simda perencanaan ini hanya merupakan sarana, dalam penyusunan dokumen perencanaan yang lebih baik, sistimatis, terstruktur dan terintegrasi dengan perencanaan pembangunan nasional.

Dengan begitu diharapkan kedepan, pelaksanaan bimtek sistim informasi daerah bidang perencanaan, mampu melahirkan proses perencanaan yang efisien, efektif, partisipatif dan akuntabel, yang bermuara pada ketersediaan dokumen perencanaan yang semakin berkualitas, sehingga Kabupaten Kepulauan Tanimbar bisa maju dan berkembang, dan setara dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Maluku.

Disampaikan, beberapa waktu lalu telah dilakukan penandatangan MoU antara Bupati/Walikota se-Maluku dengan KPK, terkait rencana aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi di Provinsi Maluku. Salah satu point penting dari rencana aksi tersebut adalah, segera mempercepat diberlakukannya sinergitas, diberlakukannya sistem perencanaan e-planning, yang terintegrasi langsungan dengan Simda keuangan kita. Dan sejak ditandatanganinya MoU lanjutnya, hari ini telah dilaksanakan bimtek oleh BPKP, untuk memastikan bahwa proses perencanaan yang terkait dengan e-planning, sudah mulai ada kemajuan.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan hal baru, karena itu jika peserta belum memahami atau mengerti, diharapkan bisa bertanya kepada narasumber, yang telah benar-benar menguasai bidang ini. “Saya sangat berharap, kegiatan bimtek ini dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga akhir dari kegiatan ini Bapak/Ibu sudah bisa memiliki pengetahuan praktis dan pengalaman-pengalaman yang terukur, dalam hal mengelola perencanaan berbasis e-planning pada SKPD masing-masing, menuju pada perencanaan pembangunan yang lebih berkualitas.” Jelas Sekda

Ditambahkan pula oleh Sekda “Bahkan kita semua berharap di tahun 2020, pengelolaan perencanaan daerah yang berbasis e-planning, yang terintegrasi langsung dengan Simda keuangan kita, sudah dapat terealisasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka peran serta BPKP sangat kita butuhkan untuk terus-menerus dilakukan pendampingan, guna memastikan bahwa proses perencanaan berbasis e-planning di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sudah dapat diterapkan dengan baik dalam rangka mendukung tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di daerah ini.”

Kegiatan ini diikuti oleh para pejabat yang menangani perencanaan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), termasuk Pemerintah kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dengan narasumber Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Maluku. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *