Buka Musrembang Kecamatan Aru Tengah Selatan ini Harapan Wakil Bupati

Aru, Wartamaluku.com – Musyawarah Rencana Pembangunan Pemerintah Daerah RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tingkat Kecamatan merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan dari bawah.

Sebagai sebuah proses tahunan, Musrembang berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan daerah. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Aru Muin Sogalrey pada acara pembukaan Musrenbang Kecamatan Aru Tengah Selatan yang berlangsung di Kantor Camat setempat Rabu (6/3).

Dikatakannya Musrenbang diselenggarakan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Pemerintah nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008, dimana Musrenbang mempakan suatu instrumen panting untuk menghasilkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2020 yang tidak lepas dari dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan RKPD Provinsi dan RKP Nasional.

Lanjut Wakik Bupati Pelaksanaan musrenbang ini bertujuan mendapatkan masukan untuk menyusun RKPD Kabupaten, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan Kecamatan yang memerlukan APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN.

Disamping itu, diharapkan pelaksanaan musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders Kecamatan untuk menetapkan program dan kegiatan Kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program kegiatan tahun anggaran berikutnya.

Harapan kami untuk tahun 2020, program prioritas pembangunan pada upaya pencapajan Visi Kabupaten Kepulauan Aru yaitu ā€¯Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan Pembangunan Agama, Pendidikan, Kesehatan, Perhubungan, Infrastruktur dan lainnya dapat menjadikan Aru menjadi lebih baik.

Musrenbang dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Asisiten Sekda, para pimpinan OPD, Camat Aru Tengah Selatan beserta muspika, pejabat terkait dan diikuti para Kepala Desa, Ketua BPD, serta Tokoh Agama dan tokoh masyarakat.(HK/WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *