Bupati Lantik 53 Pejabat Struktural (Pengawas) Lingkup Pemda Aru

Dobo, Wartamaluku.com – Bupati Kepulauan Aru dr Johan Gonga Melantik 53 ASN Jabatan Struktural (Pengawas) pada lingkup Pemda Aru. Hal ini lazim dilakukan dalam suatu birokrasi pemerintahan dengan tujuan meningkatkan kinerja birokrasi ke arah yang lebih baik di waktu yang akan datang.
Acara tersebut dilaksanakan di gedung Kesenian Sitakena Dobo, Senin (1/7/2019).

Bupati dr Johan Gonga saat dalam sambutannya mengatakan, Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan hari ini adalah sebagai upaya pemenuhan tuntutan birokrasi, melalui pengisian jabatan-jabatan yang sampai saat ini masih kosong dan perlu segera diisi, terutama pada jabatan struktural Pengawas atau pejabat eselon IV, serta sebagai saluran pengembangan karier PNS yang telah memenuhi syarat untuk difomosikan.

“Saya berharap, bahwa pengisian jabatan melaui promosi ini akan berdampak signinkan pada peningkatan kualitas layanan dan kinerja OPD, yang sampai saat ini belum memuaskan, dikarenakan alasan kekurangan SDM aparatur”. Harapnya.

Bupati mengaku, tercatat hingga hari ini jumlah jabatan Pengawas yang masih kosong adalah 204 jabatan, dari 469 dari Jabatan pengawas.
“Hari ini dilantik 53 orang pejabat Pengawas, yang terdiri dari 44 pejabat promosi dan 9 orang pejabat yang mengalami pergeseran, yang artinya masih diperlukan lagi 160 PNS yang memenuhi syarat kepangkatan dan kualifikasi serta kompetensi untuk mengisi jabatan-jabatan yang masih kosong”, Kata Bupati.

Permasalahan birokrasi di daerah ini, tidak saja pada jumlah dan kualitas SDM Aparatur, tetapi kita masih dihadapkan pada permasalahan fundamental, klasik dan klise, yaitu PNS yang telah diangkat dalam jabatan struktural, namun belum mampu bekerja secara professional, belum disiplin dan belum berkinerja baik. Salah satu penyebabnya, adalah orientasi kerja yang tidak difokuskan pada prestasi dan kinerja, melainkan pada materi atau penghasilan yang diperoleh.

“Saya ingatkan kembali kepada seluruh aparatur, terutama Saudara-saudari yang baru dilantik, bahwa kepercayaan yang diberikan
harus dilihat dari prespektjf tugas serta tanggung jawab yang harus dilaksanakan, sehingga cita-cita membangun Aru yang lebih baik akan tercapai”.

Hadir pada dalam acara pelantikan Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kepulauan Aru, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, dan Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru, Tokoh Agama.(WM/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *