Caleg DPR RI Maluku yang Berpeluang ke Senayan

Ambon, Wartamaluku.com – Media Riset Stategi Bedah Nusantara menggelar survei terkait anggota DPR RI yang dinilai layak dan menjadi favorit masyarakat dan berpotensi dipilih pada Pemilu 2019.

Survei ini dilakukan dalam rangka mengidentifikasi presepsi dan pendapat masyarakat umum pada daerah pemilihan di Provinsi Maluku.

Adapun survei yang dilakukan mulai dari tanggal 10 sampai 25 Januari 2019 di Provinsi Maluku dengan Jumlah sampel sekitar 1.200 dan margin of error sebesar 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sesuai hasil survei tersebut ada 4 orang yang dinilai layak dapat dipilih menjadi anggota DPR RI Yakni Abdullah Tuasikal (Partai NasDem) 5,41 persen, Safitri Malik Soulissa (PDIP) 5,07 persen, Edison Betaubun (Partai Golkar) 4,72 persen, Gerry Hukubun (Partai Hanura) 4,41 persen, Mersy Barens (PDIP) 4,25 persen.

Alasan masyarakat dalam memilih dan menentukan pilihan karena para caleg ini mampu bekerja, aspiratif dan dekat dengan rakyat.

Dalam hasil survei yang digelar pada 10 – 25 Januari 2019 dan melibatkan 1.200 responden dengan metode penelitian kualitatif tersebut menunjukkan bahwa Calon Legislatif DPR RI dari partai Nasdem Abdullah Tuasikal dan PDIP Safitri Malik Soulisa masih sangat unggul.

Sementara untuk posisi partai politik PDIP masih unggul dengan perorehan ID Pary 14.12 persen di susul partai NasDem 11.75 persen kemudian di susul partai Golkar dan Hanura.

Oleh sebab itu, dari data diatas posisi partai politik bisa juga menentukan kemenangan caleg. Pada segmentasi kesamaan jazirah dan suku sangat dominan bagi masyarakat Maluku dalam menentukan pilihan dan disusul dengan segmentasi kesamaan agama.

Namun dengan waktu yang singkat ini, situasi politik masih bisa mengalami perubahan. Sebab ruang demokrasi politik masih menjadi perhatian serius para caleg dalam berkampanye, sehingga peluang para caleg masih terbuka untuk meraih kemenangan. (WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *