Danlanal Saumlaki Lepas 3 Ekor Penyu di Laut

Saumlaki, Wartamaluku.com – untuk mempertahankan kelestarian jenis hewan laut langka, Komandan Lanal (Danlanal) Saumlaki Letkol Laut (P) Hartanto, M.Tr (Hanla) bersama Ketua Korcab IX Cabang 3, Ibu Eny Hartanto pada Sabtu (29/9) pukul 10.00 WIT melakukan pelepasan tiga ekor penyu dewasa di Pantai Lanal Saumlaki di Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku.

Menurutnya, hewan liar tersebut dilepaskan guna untuk menjaga ekosistem alam yang terdiri dari 2 jenis yakni penyu hijau (chelonia mydas) 2 ekor dan penyu tempayang (caretta caretta) 1 ekor.

Danlanal juga menyampaikan tujuan pelaksanaan pelepasan penyu ini merupakan wujud dan rasa peduli TNI-AL terhadap biota laut yang dilindungi dan menjaga dari kepunahan.

“Sebab sesuai Undang – undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, dan UU nomor 31 tahun 2004 pasal 7 ayat ke-5 yang berbunyi menteri menetapkan jenis ikan dan kawasan perairan yang masing-masing dilindungi termasuk taman nasional laut untuk kepentingan ilmu pengetahuan,kebudayaan,pariwisata dan atau kelestarian sumber daya ikan dan atau lingkungannya,” ucap Hartanto.

Pelepasan penyu tersebut disaksikan oleh siswa-siswi Saka Bahari Lanal Saumlaki dan Andre Werembinan, serta warga yang membeli dari nelayan yang menangkap dan menyerahkan kepada Lanal Saumlaki untuk dikembalikan ke habitatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *