Dinas PKKB Malra Raih Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dan Juara Kebersihan

Langgur, Wartamaluku.com – Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah Kabupaten Maluku Tenggara mendapatkan Piagam Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dengan Predikat Zona Hijau dan juga mendapatkan Piagam Penghargaan Juara 1 Lomba Kebersihan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Drs. Thalib Renhoran di ruang kerjanya senin, 10/9/2019.

Renhoran menjelaskan, untuk piagam penghargaan kepatuhan standar pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui badan Organisasi melakukan penilaian secara internal dan dinas ini masuk dalam zona hijau karena telah memenuhi persyaratan dan kriteria sesuai dengan Standar Operating Prosedur (SOP) sehingga Pemerintah Maluku Tenggara memberikan Penghargaan tersebut. “ungkapnya.

Dikatakan, adapun dinas ini telah memenuhi variabel atau indikator-indikator yang diturunkan antara lain, dinas menyiapkan maklumat kemudian visi misi Pemerintah Daerah, moto SKPD, kotak saran pengaduan dilengkapi dengan surat –surat keputusan terhadap pengelolah dan dilengkapi dengan tempat pelayanan . “ jelasnya.

Di Dinas PKKB Tempat pelayanan dilakukan secara langsung kepada provider atau pengguna jasa dalam hal pemakaian kontrasepsi, ada balai penyuluhan keluarga berencana yang didalamnya ada klinik KB sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik, tepat waktu dan akurat.

Renhoran menambahkan, klinik ada 2 bidan bertugas yaitu bidan Neti Retobyaan dan bidan Eta Renmaur yang memberikan pelayanan secara langsung dan ramah dan tidak diperbolehkan memungut bayaran.

Lanjutnya, Untuk Piagam Penghargaan Lomba juara 1 Kebersihan dinilai oleh TIM PKK Kabupaten Maluku Tenggara untuk semua OPD dalam rangka menyongsong HUT RI ke 74 pekan lalu.

“Untuk Kriteria Penilaian dilihat dari kebersihan lingkungan terutama, kerapihan dari visik kantor secara keseluruhan, Ruangan Kadis, Ruangan bidang dan Ruangan staf apakah ruangan itu menganut unsur kebersihan atau tidak dan ternyata dinas PKKB memenuhi syarat sehingga ditetapkan sebagai pemenang juara 1 untuk tingkat OPD Kabupaten Maluku Tenggara. “jelasnya.

Renhoran mengatakan, bukan saja ada perlombaan baru kantor ini dirapikan tetapi selama menjabat kepala seksi, kepala bidang, sekretaris dan sampai memimpin sebagai kepala dinas sampai sekarang kantor selalu bersih dan rapi.

“Saya memang agak keras kepada teman-teman terutama menjaga kebersihan lingkungan bagi pria tidak boleh merokok pada jam dinas. Merokok diperbolehkan apabila sudah jam istirahat kerja, Dilarang keras saat merokok membuang pontong rokok disembarangan tempat dan tempat merokok juga telah disedikan yaitu di pos penjagaan.”pintanya.

“Untuk WC dan toilet tempat yang sangat rusial dalam penilaian sehingga kebersihan itu tetap diperhatikan dan dijaga, tidak boleh diberikan kesan toilet tidak bersih untuk tempat sampah dipilah tempat sampah kering dan basah tersendiri sehingga tidak terkesan dinas menumpukan sampah di semua titik.

Menurutnya karena sudah terbiasa dengan kebersihan dan kerapian di kantor sehingga saat TIM Penilaian dari PKK tiba di kantor seperti biasa-biasa saja. “ujarnya.

Renhoran sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara karena Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana telah diberikan prestasi lewat 2 buah Piagam penghargaan. Untuk itu, dengan adanya penghargaan yang didapatkan dinas akan mempertahankan prestasi yang diraih. “(WM/stef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *