DPRD Maluku Kunker Ke Kemenkumham

Ambon, Wartamaluku.com – Komisi A DPRD Provinsi Maluku melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum HAM) Maluku, Senin (26/8/2019).

Rombongan Komisi A DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin wakil ketua Komisi A Constansius Kolatfeka ini diterima langsung Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, beserta seluruh Kepala Divisi.

Kunjungan kerja Komisi A DPRD Maluku ini salah satunya adalah untuk mempertegas hubungan kemitraan sekaligus melakukan koordinasi kinerja Kemenkumham di wilayah – wilayah kepulauan ini.

“Kunjungan kerja kami di Menkumham ini salah satunya untuk mempertegas hubungan kemitraan sekaligus koordinasi. Dalam kunjungan kerja ini kami mengetahui salah satu kendala yang dihadapi oleh Kementrian Hukum dan HAM wilayah Maluku salah satunya adalah masalah sistem pelayanan publik. Di Menkumham sudah menggunakan sistem online. Kendala – kendala tersebut dihadapi lantaran beberapa wilayah perbatasan, pinggiran belum ada sarana dan prasarana yang menunjang sistem yang diterapkan pihak kemenkumham. Ungkap Kolatfeka.

Oleh sebab itu, dengan terjalinnya kemitraan Komisi A DPRD Maluku dengan Kemenkumham ini, DPRD akan mendorong Pemerintah untuk mempercepat pembangunan jaringan serat optik yang akan diselesaikan tahun 2020 mendatang. Karena itu, DPRD berharap dengan kondisi yang dialami oleh Kemenkumham itu bisa terjawab di tahun 2020.

Selain itu, kata Kolatfeka, ada juga kendala – kendala soal membangun kesadaran masyarakat terkait masalah hukum.

“Proses penegak hukum di wilayah Maluku tentu memiliki kendala sendiri apalagi dengan kondisi geografis yang begitu hebat. Oleh karena itu dalam pertemuan kami dengan Menkumham kami sampaikan perlu ada singkronisasi program kemitraan yang diperkuat antara Biro Hukum Pemerintah Provinsi Maluku dengan Kementrian Hukum dan HAM Maluku sehingga bisa ada usulan anggaran ke DPRD dalam rangka pembahasan APBD 2020 ini bisa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kondisi – kondisi yang dialami oleh Menkumham Maluku dalam proses pelayanan publik di wilayah – wilayah yang penuh dengan tatanan geografis”. Tuturnya.

Sementara Kepala Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Maluku, Andi Nurka sangat menapresiasi kunjungan kerja Komisi A DPRD Provinsi Maluku. Karena dengan adanya kunjungan ini kedepan kemitraan ini bisa lebih baik.

“Kami sangat bersyukur dan merespon kunjungan ini. Itu artinya kita sudah betul – betul mulai masuk ke Pemda dan DPRD. Dengan hal ini mitra kerja kedepan lebih bagus lagi karena DPRD ini bisa mendorong, mengawasi bisa evaluasi bahkan bisa membantu kami sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kami”. Ujar Nurka. (WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *