Fatlolon: Sadar Hidup Sehat Mulai dari Diri Sendiri

Saumlaki, Wartamaluku.com – Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Barat Petrus Fatlolon mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Petugas kesehatan dan seluruh masyarakat Bumi Duan Lolat untuk menjadi pelopor pembangunan pada bidang kesehatan dengan sadar akan hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri.

“Jadilah pelopor-pelopor kesehatan mulai dari diri kita sendiri, keluarga, lingkungan, desa, kecamatan hingga pada kabupaten yang sama – sama kita cintai ini,” ungkap Bupati pada acara pembukaan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 yang jatuh pada tanggal 12 November 2018.

Bupati Fatlolon juga menghimbau dan mengharap untuk seluruh masyarakat Bumi Duan Lolat agar menolak adanya produk-produk illegal dengan cara memastikan terlebih dahulu tanggal kadaluarsa saat ingin membeli produk tersebut. Ucap Bupati saat membuka kegiatan HKN di Saumlaki, jumat, 09/11/2018.

“Saya berharap sebelum berbelanja perhatikan terlebih dahulu, membaca dan meneliti secara seksama label dari tiap-tiap barang supaya jangan sampai kita membeli sebuah produk yang sudah kadaluarsa atau illegal. Ini penting, supaya jangan kita dirugikan,” harapnya.

Selain itu, tahun 2019 nanti Pemerintah Daerah akan menganggarkan dana khusus dalam menyediakan jamban bagi setiap rumah agar tidak lagi BABS di pinggiran pantai maupun pada tempat – tempat yang tidak sepatutnya.
Hal ini dilakukan tak lain untuk mengubah perilaku sadar kesehatan bagi masyarakat Tanimbar. Tandasnya.

Untuk diketahui, Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini diawali dengan kegiatan jalan santai bersama yang dipimpin Bupati MTB Petrus Fatlolon, SH., MH bersama seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Seluruh Pekerja Kesehatan di Kepulauan Tanimbar dengan rute dari Pelabuhan Kapal Feri hingga Halaman Kantor Bupati MTB, kemudian dilanjutkan dengan senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Gemas) bersama-sama, Pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil serta pelepasan balon HKN-54.

Kemudian dilanjutkan lagi dengan deklarasi komitmen bersama yang langsung dipimpin Bupati Fatlolon, yakni Tanimbar tolak obat, kosmetik dan obat tradisional illegal dan Tanimbar Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *