Gubernur: Panca Karya Banyak Pendapatan Tapi Kantor Seperti Gudang

Ambon, Wartamaluku.com – Gubernur Maluku Murad Ismail mengungkapkan pendapatan yang dimiliki oleh PD Panca Karya besar namun kantornya bagaikan gundang. Karena itu, dirinya minta agar kantor PD Panca Karya akan dibenahi.

“Rupanya PD Panca Karya ini banyak sekali pendapatan dari perusahan ini,tetapi kantornya seperti gudang, maka itu saya perintahkan agar segera benahi kantornya,ā€¯Ungkapnya kepada sejumlah media usai melakukan Pertemuan bersama DPRD Provinsi Maluku di Lantai 6 Kantor Gubernur Maluku,senin (10/6/2019).

Gubernur juga menegaskan terkait persoalan yang dihadapi PD Panca Karya dalam waktu dekat akan segera di benahi. Sekarang masih diaudit secara menyeluruh terutama tata kelola perusahan yang selama ini belum bisa dilakukan dengan baik.

Menurutnya, Perusahan Daerah (PD) Panca Karya Maluku ini di audit untuk memastikan ada atau tidaknya penyimpangan dan kejanggalan-kejanggalan. Karena itu, audit perlu dilakukan untuk memastikan apakah pengelolaan hutang perusahan sudah sesuai dengan kebutuhan ataukah tidak. Rupanya PD Panca Karya ini memiliki banyak pendapatan.

Selain itu, kata Gubernur, PD Panca Karya juga ditemukan adanya kejanggalan-kejanggalan terutama mengenai pinjaman untuk menutupi hutang dan pembayaran gaji karyawan.

Murad juga mengakui, selama ini tata kelola keuangan pada Perusahan Daerah Panca Karya sangat buruk, hal ini diakui Gubernur karena sudah mulai terlihat. Ujarnya.

Sekedar diketahui, PD Panca Karya sekarang telah dinakodahi oleh Rusdi Ambon yang sebelumnya adalah Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMPD) Provinsi Maluku. (WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *