Gubernur dan Wagub Maluku dilantik Bulan Maret 2019

Ambon, Wartamaluku.com – Rencana pelantikan Gubernur dan Wakil GuĀ­bernur Maluku Murad Ismail -Barnabas Orno, diagendakan akan berlangsung bulan Maret 2019.

Sesuai peraturan pelaksanaan pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak 2018 lalu termasuk pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih tetap mengacu pada pasal 163 dan 165 undang – undang nomor 10 tahun 2016.

“Berdasarkan hasil terakhir kami dengan pemerintah pusat melalui kementrian dalam negeri ditegaskan bahwa untuk pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku diagendakan akan dilaksanakan bulan maret 2019.

Hal ini juga sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri pada tanggal 19 januari 2018 yang menegaskan bahwa untuk pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku direncanakan akan dilaksanakan pada bulan maret 2019 dengan pertimbangan sesuai dengan akhir masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur periode sebelumnya.”
Demikian dikatakan Kepala Biro PemeĀ­rintahan Pemerintah Provinsi Maluku, Jasmono, kepada sejumlah media di kantor gubernur Maluku, 16/01/2019.

Menurut Jasmono, pelantikan Gubernur dan wakil gubernur Maluku sesuai dengan amanat UU Nomor 10 tahun 2016 akan dilaksanakan di ibukota negara oleh Presiden Republik Indonesia, selanjutnya serah terima jabatan Gubernur akan dilaksanakan di ibukota Provinsi, bertepatan dengan pelaksanaan serah terima jabatan tersebut juga akan disampaikan pidato perdana Gubernur Maluku pada rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi.

“Namun, untuk tanggal pelantikan kata Jasmono masih menunggu kepastian waktu dengan Pemerintah Pusat
dan agendanya akan disesuaikan dengan agenda Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.” Ucapnya. (WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *