Ibu Negara akan Menanam Pohon Gayam dan Kutikata di Ambon

Ambon, Wartamaluku.com – Salah satu agenda Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Ambon yakni direncanakan akan menanam tanaman Gayang dan Kutikata yang berlokasi di tribun lapangan Merdeka Ambon. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Sadli Le kepada sejumlah wartawan, selasa (19/2/2019).

Menurutnya, kunjungan Ibu Negara pada hari kedua dijadwalkan akan melakukan penanaman pohon yakni tanaman hutan endemik berupa tanaman gayam dan kutikata di lokasi lapangan tribun lapangan merdeka Ambon.

Selain penanaman anakan gayam dan Kutikata oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo ada juga pembagian 1000 anakan di lokasi MCM. Tutur Kadis.

“Jumlah bibit anakan yang akan di bagi berjumlah 1000 anakan yang terdiri dari tanaman pala 400 dan mangga 600 anakan dengan mengggunakan sistem Biopori 17 dan 13” ucapnya.

Menurut kadis, keinginan Gubernur Maluku Said Assagaff pada acara tersebut, sebaiknya menanam tanaman endemic lokal seperti Gayam dan Kutikata, alasanya karena gayam dan kutikata saat ini sudah jarang di dengar bahkan untuk memperoleh buahnya sudah susah.

Untuk itu, diharapkan agar tanaman khas daerah Maluku ini bisa di munculkan kembali, sehingga generasi yang akan datang bisa mengenal jenis-jenis tanaman endemic tersebut. Ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *