Infrastruktur Harus Menjadi Prioritas Bagi Pendidikan

Ambon, Wartamaluku.com – Untuk menunjang proses pembelajaran yang baik bagi para siswa jenjang SMA/SMK Sederajat di Provinsi Maluku, maka sarana prasarana komputer menjadi penting dan harus diperhatikan oleh pemerintah dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis online atau kertas. Demikian disampaikan Mantap Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Salim Kairoty kepada pers di Kantor Gubernur Maluku, Rabu 31/01/2018.

Menurutnya, yang menjadi kendala itu bukan hanya pada sarana prasarana komputer namun masalah kesiapan perangkat pembelajaran komputer yang harus diperhatikan terutama sekolah – sekolah di kabupaten/kota terpencil yang belum teraliri listrik.

“Itu memang yang terjadi sekarang ini untuk kabupaten/kota, kelihatannya hanya sekolah -sekolah yang dekat dengan kabupaten saja, sedangkan yang diluar kabupaten itu masalah listrik juga menjadi masalah besar, hingga kedepan ini memang betul – betul infrastruktur itu menjadi prioritas utama”. ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut, menyangkut perangkat pembelajaran komputer harus menjadi perhatian pemerintah kabupaten/kota sebagai salah satu penunjang pembelajaran yang efektif bagi siswa disekolah.

Selain itu juga masalah tenaga teknisi yang mengoperasikan komputer di sekolah – sekolah itu juga perlu menjadi perhatian pemerintah, jangan kita hanya fokus pada pembelajaran komputer tetapi tidak melihat pada tenaga teknisi yang mengoperasionalkan komputer disekolah, tentunya itu akan menjadi masalah yang sering kita hadapi dari tahun ke tahun.

Dengan demikian, perlu sinergitas yang terbangun antara pemerintah dan satuan pendidikan hingga pendidikan di Maluku bisa sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *