Jelang Haornas, Dikpora Tual Gelar Berbagai Lomba

Tual,wartamaluku.com – Menjelang Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXV tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 9 September nanti, Dinas Pemuda dan Olahraga kota tual akan menggelar kegiatan jalan santai dan dirangkaikan dengan senam meti Kei, jumlah peserta sebanyak 3000 orang dari berbagai kalangan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Rudi Bugis, SE kepada media ini di ruang kerjanya, selasa, 21/08 2018.

Menurutnya, Jalan santai akan berawal dari lapangan Lodar-El dan Finishnya di depan kantor Walikota Tual setelah itu peserta akan berjejeran sampai ke Desa Taar untuk melakukan senam meti kei. Peserta yang akan mengikuti senam berasal dari Pelajar SMP dan SMA, seluruh instansi baik otonom vertical, BUMN, BUMD, TNI Polri, AMGPM, OKP dan mahasiswa yang berada di Perguruan Tinggi di Kota Tual.

Menurut Rudi, Ivent kemarin di Kabupaten Maluku Tenggara adalah tarian terpanjang, dan untuk kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat di Monas adalah peserta terbanyak sekitar 65 ribu tetapi di Kota Tual, Panitia akan mengusahakan senam meti key yang dilaksanakan adalah senam paling terpanjang di Indonesia sehingga bisa mendapatkan rekor muri.

Lanjut dikatakan, setelah selesai kegiatan ada acara serimonial yakni, penarikan undian Doorprize untuk seluruh peserta dan sedikit hiburan bagi masyarakat kota tual dan ada juga atraksi atau permainan olahraga tradisional untuk anak –anak seperti gigi sendok, lompat karung, tarik tambang, Joget balon dan sebagainya.

Kegiatan ini didisponsori oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga sekaligus menyukseskan Gerakan masyarakat hidup sehat. “jelasnya. Rudi juga menyampaikan di Tahun 2018 Dikpora Kota Tual mendapatkan alokasi anggaran sebesar tiga Milyar enam ratus juta termasuk biaya langsung dan tidak langsung. Beberapa kegiatan yang terbagi dalam 4 bidang antara lain, bidang pemberdayaan pemuda, bidang kewirausahan pemuda, bidang sarana prasarana dan bidang olahraga.

“Kegiatan yang belum dilaksanakan selain kegiatan Paskibraka, ada juga kegiatan besar yang masih tertinggal yaitu, kegiatan seminar kepemimpinan pemuda di program pengembangan dan keserasian kebijakan pemuda, kegiatan penyediaan sarana dan prasarana olahraga, kegiatan peningkatan mutu organisasi dan ketenaga olahragaan dalam bentuk pelatihan untuk pelatih dan juri dan program peningkatan peran serta kepemudaan untuk pekan temui wicara oraganisasi pemuda kemudian program Jambore Pemuda Indonesia. “ pungkasnya.

Sedangkan untuk Jambore Nasional Dikpora Kota Tual akan mengirim utusan satu perempuan dan satu laki laki nantinya bersama –sama dengan utusan – utusan daerah lainnya yang ada di Maluku untuk mengikuti kegiatan Jambore Pemuda Indonesia secara Nasional di Bangka Belitung tahun 2018. (WM/stef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *