Jelang Hari Waisak 2563, Disperindag Maluku Gelar Pasar Murah

Ambon, Wartamaluku.com – Jelang Hari Raya Waisak ke – 2563 tahun 2019, Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), menggelar pasar murah/Bazaar yang berlangsung di halaman kantor Disperindag Maluku di Ambon, selasa, 14/5/2019.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselanno, Pasar Murah/Bazaar dalam rangka menyambut hari raya Waisak 2563 tahun 2019 ini bisa membawa kebahagiaan dan kedamaian bagi masyarakat Maluku.

“Salah satu tujuan pasar murah yakni membantu masyarakat guna memperoleh kebutuhan bahan pokok dengan harga yang terjangkau, dan sebagai sarana untuk memperkuat tali silaturahmi antara sesama orang basudara di Maluku”, ungkap Pattiselano

Lanjutnya, Komoditi yang dijual dalam Bazaar tersebut yakni telur ayam, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, susu kental manis, mie instan, mentega, beras dan barang kebutuhan masyarakat lainnya.

Terkait dengan harga kata Pattiselanno, harga kebutuhan pokok pada pasar murah ini dibawah harga distributor maupun harga eceran yang ada di pasaran.

“Para distributor yang berpartisipasi yakni CV Gema Rejeki, CV Tri Samudra, CV Makmur Abadi, Hypermart MCM, PT Padimas Prima, Bulog Drive Maluku dan Maluku Utara, Foodmart Amplas, Hypermart ACC, Fa. Bandil dan ayam sehat.

Sementara menurut Gubernur Maluku dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kemasyarakatan dan SDM Halim Datis mengatakan ritual Trisuci Waisak yang dirayakan oleh umat Buddha untuk memperingati tiga peristiwa penting dan sakral dalam agama Buddha, yaitu lahirnya Siddharta Gautama dengan memperoleh kesadaran agung yang dicapai sang Buddha.

“Bertepatan dengan momentum peringatan Hari Waisak tahun ini, saya mengajak segenap umat Buddha di negeri Raja – raja untuk meneladani nilai – nilai universal dari dharma yang diajarkan sang Buddha”, ungkapnya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Maluku juga mengajak semua pihak untuk ciptakan suasana kehidupan yang rukun, damai dan harmonis. Saling hormat menghormati dan menghargai dan bangun semangat kerja keras yang dilandasi sikap kekeluargaan, gotong royong dan tolong menolong dengan sesama sesuai dengan tema perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2563 yaitu “Mencintai Tanah Air Indonesia”.

Apalagi, hari raya waisak 2563 tahun 2019 ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1440 H, karena itu, kami mengajak khususnya masyarakat yang beragama Buddha untuk sama – sama menjaga kerukunan antar umat beragama agar ketentraman dan kekeluargaan hidup tetap menjadi budaya di bumi raja – raja.

Selain itu, kegiatan Bazaar yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Maluku merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam menyambut hari – hari besar keagamaan, hal ini pertanda adanya kepedulian Pemda Maluku dalam usaha pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat menjelang hari – hari besar keagamaan khususnya masyarakat berpenghasilan rendah.

“Pasar Murah ini juga merupakan momentum yang tepat, karena sepanjang tahun kita melaksanakan dalam berbagai aspek tugas dan tanggung jawab kita semua. Melalui Bazaar ini kita mau berbagi dengan sesama, sehingga bazaar waisak ini paling tidak akan dapat membantu meringankan beban hidup masyarakat dalam menghadapi hari – hari yang semakin berat.

“Kami juga berharap akan tercipta komunikasi, transaksi dan interaksi yang harmonis dalam menjalin rasa kebersamaan dan sepenanggungan untuk mrmpererat tali persaudaraan sebagai orang Maluku yang hakiki dan sejati, sebab kebersamaan yang tulus dan hakiki memberikan kontribusi yang besar bagi pemerintah daerah Maluku.

Kita juga patut bersyukur karena selama ini dalam menghadapi hari – hari besar keagamaan, stock kebutuhan pokok masyarakat untuk Provinsi Maluku tersedia dalam jumlah yang cukup, semua ini karena berkat kerja sama Pemda Maluku melalui dinas Perindag yang terus membangun koordinasi dengan beberapa kota besar di Indonesia sebagai pusat akumulasi distribusi kebutuhan pokok masyarakat di Maluku. Tuturnya.

Karena itu, dengan tersedianya stok yang sangat cukup saya mengharapkan agar para pelaku usaha maupun pihak – pihak lain untuk tidak melakukan spekulasi yang dapat berdampak pada kenaikan harga.

“Atas nama Pemerintah Daerah Maluku saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para sponsor dan seluruh dunia usaha serta semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pasar murah/bazaar menyongsong hari raya waisak 2563 tahun 2019 ini”. Tuturnya. (WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *