Kasdam : Isu Yang Beredar Terkait Kesempatan Menjadi TNI Tertutup Itu Hoax

Ambon, Wartamaluku.com – Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan menegaskan kabar/isu yang beredar di masyarkat terkait kesempatan putera/i yang berada di wilayah Maluku dan Maluku Utara untuk menjadi Bintara TNI-AD tertutup. Itu adalah Hoax.

Karena menurut Kasdam “Berdasarkan Surat Telegram Kasad No 2619 tanggal 29 agus 2019 tentang perubahan alokasi rekrutmen Bintara PK TNI AD dan hasil keputusan sidang penerimaan Calon Bintara Pk. Ta 2019 di Jakarta memutuskan untuk Kodam XVI/Pattimura tahun ini, hanya membutuhkan 114 orang dengan perincian Panda Maluku dari daerah Saumlaki, MTB 18 orang. Untuk Panda Malut, Tidore 25 orang, Tobelo 20 orang, Labuha 38 orang dan Sanana 13 orang. Demikian dikatakan Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan saat menggelar Konfrensi Pers, (03/09/2019).

Lanjutnya, di Kodam XVI/Pattimura saat ini akan membuka beberapa Kodim dan Koramil Baru sehingga otomatis membutuhkan personel.

“Jadi kebijakan baru Kasad tentang perubahan alokasi rekrutmen TNI-AD yang terbatas berlaku di seluruh Kodam, hal tersebut terkait dengan anggaran Prajurit yang harus efektif dan tepat sasaran sehingga Kodam XVI/Pattimura yang termasuk Kodam wilayah Timur hanya mendapat kuota Bintara TNI-AD sebanyak 114 orang”, ungkapnya.

Saat ini, TNI AD sedang menghitung cermat terkait masalah personel, sehingga anggaran dari negara harus tepat sasaran. Setelah diperhitungkan, personel TNI AD di seluruh Indonesia untuk Rekrutmen Bintara PK TNI AD mengalami pembatasan karena banyak satuan-satuan sudah banyak terpenuhi.

“Melalui Rekrutmen Bintara TNI-AD Kodam XVI/Pattimura inginkan pemerataan, Kenapa tidak mengambil dari Maluku? Karena kita ingin mengambil putera-putera daerah perbatasan untuk mengisi Kodim-kodim dan wilayah-wilayah yang membutuhkan. Hal ini bukan hanya di Maluku tapi MBD, KTT termasuk Pulau-Pulau Terluar lain.” Ujar Kasdam.

“Ini semata-mata menata personel TNI agar bagus dan mampu menyerap putera-puteri daerah maluku yang memang memiliki keterwakilannya masih terbatas” tegas Kasdam.

Kasdam berpesan “Jangan Menyerah dan Putus Asa, Semoga Tahun Depan Bisa”. Tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *