MBD dilanda Bencana, Ratusan Rumah Rusak Parah

MBD, Wartamaluku.com – Akibat Badai siklon tropis “Lili” yang melanda Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) berupa angin kencang dan tingginya gelombang laut serta tingginya curah hujan selama sepekan ini mengakibatkan banjir bahkan ratusan rumah rusak parah.

Informasi yang diperoleh, siklon tropis Lili menerjang Sejumlah wilayah yang terdampak yakni Pulau Moa, Pulau Letti, Pulau Lakor, Pulau Luang kabupaten Maluku Barat Daya.

Meski tidak ada korban jiwa, namun warga yang rumahnya teredam luapan air bahkan rumah yang hancur akibat bencana alam tersebut harus rela bernaung di tenda, tenda, gedung serbaguna di pulau Moa, bahkan di pulau Lakor warga rela tidur di padang luas untuk sementara waktu.

“Untuk sementara waktu warga mengungsi sebagian di padang luas dan sebagian Sekolah Dasar, namun kami khawatir masyarakat bisa mengalami gangguan kesehatan, teristimewa anak – anak dan lansia. Karena sampai saat ini belum ada bantuan baik dari tim medis maupun Badan Bencana Alam. Ungkap salah satu warga pulau Lakor.

Menurutnya, Pemerintah desa sangat sulit menghubungi Pemda setempat karena mengingat jaringan Telkomsel pun ikut rusak.

“Karena itu, dikwatirkan masyarakat yang berada di pulau Lakor yang terkena musibah ini bisa mengalami gangguan kesehatan apalagi pada anak – anak. Sebab hingga kini belum ada bantuan berupa apapun dari Pemerintah Daerah setempat”, tuturnya.

Masyarakat pun berharap adanya bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten MBD. (WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *