Odie Orno Sebut MBD Itu Unik

Ambon, Wartamaluku.com – Bakal Calon Bupati Desianus Orno menyebutkan Kabupaten Maluku Barat Daya itu sangat unik karena memiliki Budaya Kalwedo.

“Maluku Barat Daya itu unik, yang terbentang dari pulau Marsela sampai ke Ustutun dari pulau Damer sampai ke Letimaran yang dirangkai dalam satu budaya yang sepakati adalah kalwedo, kalau sebutkan Kalwedo berarti kita itu adalah satu keluarga”, kata Orno kepada wartawan usai mengikuti Fit and Proper test di DPD Partai Gerindra Maluku, sabtu, 30/11/2019.

Menurutnya, MBD unik karena memiliki budaya, meskipun pulau – pulaunya jauh tapi masih ada keterikatan pulau satu dengan pulau yang lain.

“MBD itu unik, pulau kita jauh – jauh tapi ada keterikatan. Saya orang Lakor tapi saya juga orang Kisar karena mata rumah saya ada disana mata rumah saya ada di Babar jadi itulah keunikan Maluku Barat Daya”, tutur Odie.

Oleh karena itu, Orno menghimbau agar berpolitik secara sehat. Karena, perbedaan pandangan politik pasti terjadi di setiap masyarakat MBD. Tetapi di MBD itu memiliki budaya yang namanya Kalwedo.

“Untuk apa gara-gara politik kita saling cerai berai satu dengan yang lain. hanya karena berbeda pandangan dan pilihan politik. Mari kita berkompetisi secara sehat, kita semua adalah keluarga. Saya berharap selesai berkompetisi pikiran kita hanya satu bagaimana Maluku Barat Daya itu bisa maju.

Ditambahkan pula, apabila dirinya dipercayakan untuk menjadi Kepala Daerah di bumi Kalwedo maka fokusnya pada bidang Pendidikan, salah satunya, harus membuat Perda Pendidikan. Ungkap Mantan Kadis Pendidikan MBD ini. (WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *