Pemprov Maluku Apresiasi Unpatti Laksanakan Program PSDKU

Ambon, Wartamaluku.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku mendorong dan memberikan apreasi terhadap upaya Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, melaksanakan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten perbatasan yakni Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia. Demikian dikatakan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno kepada sejumlah media di kantor gubernur Maluku, kamis, 23/05/2019.

Orno menyebutkan, PSDKU sangat penting dilakukan selain untuk pemerataan transformasi ilmu pengetahuan, sekaligus memperpendek rentang kendali kebutuhan akan pendidikan untuk tingkat perguruan tinggi.

Dengan tujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi perkembangan era globalisasi yang terus melaju.

Selain itu, pembukaan kelas jauh oleh Unpati adalah upaya Pemerintah mendekatkan pelayanan Pendidikan Tinggi Negeri kepada masyarakat, terutama bagi anak-anak pintar yang mempunyai tingkat ekonomi relatif kurang mampu di pulau-pulau terluar.

Menjelang proses penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 yang akan dibuka pada awal Juni 2019, Tim Sosialisasi Program Studi Diluar Kampus Utama Unpatti, melakukan sosialisasi di Kabupaten Kepulauan Aru.

Kegiatan sosialisasi telah dilangsungkan menyasar sejumlah sekolah di Kabupaten yang dikenal dengan sebutan Bumi Jargaria itu terhitung sejak pertengan Maret hingga April 2019 lalu.

Tujuan sosialisasi tersebut untuk memperkenalkan PSDKU Unpatti kepada seluruh masyarakat, bahwa telah berdiri kampus yang berstatus negeri dan siap untuk dinikmati oleh generasi penerus bangsa di wilayah itu sehingga dapat merubah SDM menjadi lebih baik seperti di daerah lainnya.

Perlu diketahui, dalam rangka menyikapi ketertinggalan SDM yang ada di Kabupaten Kepulauan Aru, dimana masyarakat di wilayah itu masih tergolong dalam kategori daerah 3T dan secara umum masih sangat sedikit yang mengecap dunia perguruan tinggi.

Berdasarkan kondisi itulah, Pemda setempat melakukan kerjasama dengan pihak Unpatti Ambon untuk menyelenggarakan PSKDU di Kabupaten itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *