Pemprov Maluku Siapkan Mudik Gratis Bagi Masyarakat

Ambon, Wartamaluku.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyediakan mudik gratis bagi masyarakat yang ingin mudik menjelang perayaan hari raya natal dan tahun baru.

Perayaan hari raya natal dan tahun baru, pemerintah provinsi Maluku melalui Dinas Perhubungan menyediakan mudik gratis bagi masyarakat Maluku di 11 Kabupaten/kota. Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Angky Papilaya kepada wartawan saat konfrensi pers dikantornya, Selasa (11/12/2018).

Menurutnya, seluruh armada angkutan laut akan dikerahkan untuk melayani masyarakat saat mudik natal dan tahun baru.

Angkutan laut yang disediakan yakni KM Sabuk Nusantara 106, yang akan berangkat pada tanggal 16 Desember sesuai rute kapal yang sudah ada, dengan jumlah muatan sebanyak 300 orang tujuan Ambon- Larat.

Sedangkan KM Cantika 99 dijadwalkan akan berangkat pada tanggal 18,19,20,21 Desember 2018 dengan rute, Tulehu- Saparua dengan jumlah muatan 350 penumpang.

Kemudian, pada tanggal 19 dan 20 Desember 2018 KM Expres Cantika 88 dijadwalkan akan berangkat dari Tulehu menuju Amahai dengan kapasitas muatan sebanyak 350 penumpang.

Selain itu juga ada KM Sabuk Nusantara 87 dengan kapasitas angkut sebanyak 500 penumpang, yang akan diberangkat pada tanggal 20 Desember 2018 dengan rute Ambon- Amahai- Serui, Nila-Teon- Babar-Wulur- Tepa- Lalang- Luang- Lakor-Moa- Leti- kisar – Lirang – dan Kupang. pulang pergi (PP).

Sedangkan untuk armada penyeberangan kata Papilaya, untuk keberangkatan akan disesuaikan dengan jumlah muatan yang ada, dan tidak diperbolehkan muatan melebihi kapasitas. Karena ini menyangkut keamanan dan keselamatan.

Kapal penyebrangan yang disiapkan yakni KMP. Roka Tenda tujuan Hunimua- Waipirit dengan kapasitan muatan penumpang sebanyak 321 penumpang, KMP. Inalika tujuan Hunimua Waipirit dengan jumlah penumpang 300 orang, KMP.Terubuk tujuan Hunimua Waipirit dengan jumlah muatan 300 penumpang, KMP. Dolasi yang juga akan melayari rute yang sama dengan kapasitas 285 penumpang dan KMP. Samandar lintas Waai-Telutih- Nusalaut-Masohi.

Papilaya juga menambahkan, pembukaan pendaftaran tiket gratis tersebut mulai tanggal 11 Desember hingga 15 Desember 2018, dimulai sejak pukul 10.00 WIT sampai pukul 16.00 WIT.

Dengan persyaratan masyarakat hanya membawa e-KTP/SIM atau kartu Mahasiswa asli dan copian 1 lembar, masyarakat berkewajiban mengisi formulir pendaftaran bagi pemudik yang hendak menggunakan kapal laut.

Untuk calon pemudik dengan tujuan Tulehu – Haria – dan Tulehu – Amahai akan menerima tiket pada saat keberangkatan.

Selain itu, pemudik yang menggunakan kapal feri akan menerima tiket pada saat keberangkatan, yang jadwalnya akan disesuaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *