Peringati Sumpah Pemuda, Pemda MBD Gelar kegiatan Olahraga Antar Kecamatan di Kisar

Kisar, Wartamaluku.com – Dalam rangka meningkatkan rasa solidaritas, dan semangat persatuan dikalangan Pemuda Indonesia terkhusus Pemuda Maluku Barat Daya, maka Pemda Maluku Barat Daya lewat Dinas Pemuda dan olahraga berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan olahraga antar kecamatan se Kabupaten Maluku Barat Daya dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang ke 91 tanggal 28 Oktober 2019. Kegiatan ini dipusatkan di Pulau Kisar Kecamatan Pp. Terselatan dan pelaksanaannya dimulai sejak tanggal 5 Oktober hingga 27 Oktober 2019. Maksud kegiatan ini digelar agar dapat meningkatkan semangat persatuan dikalangan para pemuda.

Dalam laporan panitia pelaksanaan yang di bacakan oleh A.N Orno sebagai sekretaris panitia mengatakan, Tujuanbdilaksanakannya kegiatan turnamen ini agar dapat mengenang kembali peran pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI termasuk di Maluku Barat Daya. Dan juga sekaligus meningkatkan semangat dan peran pemuda Maluku Barat Daya dalam memajukan Indonesia terlebih khusus Maluku Barat Daya.

Sejumlah kegiatan olahraga yang dipertandingkan diantaranya, Sepak bola, Bola Volly Putra dan putri, lomba goyang Marsela tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA dan SMK sepuluau Kisar serta lomba pidato antar SMA dan SMK.

untuk sepak bola, ada 31 dari perwakilan Kecamatan yang terdiri terdiri dari Kecamatan Pp. Terselatan 14 tim, Kecamatan Kisar Utara 8 tim, Damer 3 tim, Wetar 2 tim, Leti 1 tim, dan Kecamatan P. Moa 2 tim.

Sementara cabor (cabang olahraga) Volly putra berjumlah 19 tim terdiri dari, Kecamatan P. Wetar 6 tim, Kec. Romang 2 tim, Kec. Pp. Terselatan 3 tim, Kisar Utara 1 tim, Kec. P. Moa 2 tim, Kec. P. Leti 1 tim, P. Lakor 1 tim, Mdona Hyera 1 tim dan Kecamatan Damer 2 tim.

Untuk Putri, terdiri dari 12 tim antara lain, Pulau Wetar 1 tim, Pulau Romang 2 tim, Pp. Terselatan 2 tim, Kisar Utara 2 tim, Leti 2 tim, Moa 2 tim dan Lakor 1 tim.

Sementara jumlah anggaran dan dana yang digunakan bagi perlombaan ini bersumber dari DPA Perubahan (Dokumen Pelaksanaan Anggaran Perubahan) Dinas Pemuda dan olahraga Kabupaten Maluku Barat Daya sebesar Rp. 111.000.000 (seratus sebelas juta rupiah) yang nantinya diperuntukkan sebagai bonus kepada tim pemenang.

Diakhir laporannya, Panitia mengharapkan dukungan dan kerjasama seluruh pihak agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta penuh rasa tanggung jawab.

Sementara Bupati Maluku Barat Daya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Kabupaten Maluku Barat Daya Drs. Agustinus Tenlima mengatakan, sebagai Pemerintah dan atas nama pribadi dan masyarakat Maluku Barat Daya dirinya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut dan mengucapkan selamat datang kepada para olahragawan dan olahragwati di bumi Yotowawa Raidaisuli.

Bupati menjelaskan, 91 Tahun lalu Pemuda telah memelopori sebuah pergerakan kemerdekaan dan berikrar dalam menjaga persatuan keutuhan negara ini olehnya itu pemuda merupakan pelopor tonggak sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Semangat sumpah pemuda inilah yang kemudian dijadikan sebagai dasar dalam mengumpulkan seluruh pemuda di Maluku Barat Daya di pulau Kisar lewat perlombaan ini ungkap bupati Noach dalam sambutannya.

Dia menambahkan, maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, selain untuk Meraih prestasi, juga memperokokoh dan memperbaharui semangat dan juang generasi muda di MBD yang tersebar dari Marsela hingga Ustutun.

Diakuinya, saat ini persatuan dan kesatuan pemuda indonesia tak terkecuali di Maluku Barat Daya telah terdegradasi akibat perkembangan jaman yang begitu pesat dan tak terelakkan.

Namun dengan adanya kegiatan seperti ini merupakan ajang perkumpulan sesama orang saudara di MBD. “Saya merasa bangga dan tersenyum ketika melihat betapa indahnya orang basudara di Maluku Barat Daya berkumpul dan saling menyapa lewat kegiatan ini.

Semoga suasana seperti ini terus terpelihara pada hari-hari selanjutnya” ungkap Noach sembari menambahkan, kondisi ini selaras dengan tema besar sumpah pemuda ke 91 di Maluku Barat Daya yakni, RAIH PRESTASI, PEROKOKOH PERSATUAN DAN KESATUAN ORANG BASUDARA DI MALUKU BARAT DAYA.

DI penghujung sambutannya Bupati berharap bahwa seluruh pertandingan yang diperlombakan haruslah berkualitas namun yang terpenting dijunjung adalah moralitas dan sportifitas dari masing-masing individu dan setiap tim yang bertanding.

Seremonial pembukaan kegiatan olahraga dalam rangka menyongsong HUT sumpah Pemuda ke 91 itu dipusatkan di lapangan Makka Pulau Kisar dan dihadiri oleh forum komunikasi pimpinan kecamatan, para camat se Kabupaten MBD, para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, para kepala sekolah serta masyarakat dan sejumlah tamu dan undangan lainnya.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Barat Daya Drs.Agustinus Tenlima yang mewakili Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach ST, yang tidak dapat hadir karena tugas-tugas Pemerintahan di luar daerah yang tak bisa diwakilkan.

Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan pembakaran obor oleh salah seorang atlet Volly putri, kemudian obor induk tersebut diserahkan kepada Bupati Maluku Barat Daya yang diwakili oleh Kadispora Kabupaten MBD Drs. Agustinus Tenlima dan selanjutnya diserahkan kembali kepada Camat Pp. Terselatan Drs. Y. Lelatobur sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan. (WM/Jgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *