Wujudkan Komitmen dengan Berikan Jaminan Kesehatan bagi Masyarakat Aru

Dobo, Wartamaluku.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru berkomitmen penuh akan pembangunan kesehatan baik infra struktur maupun sumber dayanya. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah dengan memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat Kepulauan Aru yang diintegrasikan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Untuk diketahui, Pada 1 Desember 2018 lalu, Johan Gonga, Bupati Kepulauan Aru mengantarkan Kabupaten Kepulauan Aru sebagai salah satu Kabupaten di Maluku yang mencapai Universal Health Coverage (UHC) dengan jumlah kepesertaan JKN-KIS 96%.

Menurut Gonga program JKN-KIS merupakan asuransi kesehatan sosial yang sangat baik dan bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan. Agar semua lapisan masyarakat dapat merasakan manfaatnya khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu, gotong royong sangat diperlukan.

“Kesehatan itu sangat mahal, bagi yang mampu mungkin saja tidak ada masalah namun bagi masyarakat yang tidak mampu ya kita harus gotong royong!” tutur Gonga.

Meski coverage kepesertaan JKN-KIS nya sudah 96%, pada Tahun 2019 ini Pemkab akan memaksimalkan dengan menambah lagi 2 ribu jiwa penduduknya sebagai peserta JKN-KIS PBI APBD.

Tak sampai disitu, Gonga juga turut mendukung dengan pembangunan infra struktur di fasilitas kesehatan baik Rumah Sakit maupun puskesmas, kemudian pemenuhan tenaga kesehatan disetiap fasilitas kesehatan.

“Selain kepesertaan, kami juga membangun infrastruktur pada faskes agar pelayanan semakin baik lagi. Untuk tenaga medis juga, di Kabuaptern Kepulauan Aru hampir seluruh puskesmas sudah ada ada tenaga dokternya” imbuhnya.

Dukungan-dukungan tersebut merupakan bentuk kepatuhan Pemda Kabupaten Kepulauan Aru dalam mengambil langkah sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenanganya sebagai kepala daerah dalam rangka menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas pelayanan bagi peserta JKN yang tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan.

Gonga berharap kedepan program JKN-KIS ini semakin baik lagi, baik dari segi pelayanan dan kecepatan. Serta peningkatan kerja sama dengan mitra faskes untuk dapat bersinergi dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang bermuara kepada kepuasan masyarakat.

Meski telah memiliki kepastian jaminan kesehatan, Gonga tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatanya dengan menjalankan pola hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *