Bappenas Gelar Rapat Bersama OPD Maluku

Ambon,Wartamaluku.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Maluku gelar rapat bersama OPD , guna membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang diadakan di ruang rapat lantai 2 kantor Gubernur Maluku Selasa (19/3/2019).

Staf Ahli Bappenas Bidang Pemerataan kewilayaan Okto Rialdi mengatakan pelaksanaan pembangunan Nasional untuk 5 tahun kedepan, yang akan di mulai dengan membangun ekonomi pembangunan wilayah. Tuturnya kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, dalam rapat tersebut berbagai hal yang dibahas yakni pemerataan dan kewilayaan di Maluku, ada masukan dan usulan dari teman-teman OPD Maluku mengenai sumber daya manusia, infrastruktur di daerah tertinggal di perkotaan dan lain-lain .

Kemudian dibahas mengenai lingkungan hidup, politik, hukum dan pertahanan keamanan masyarakat, dari diskusi ini ada berapa yang khusus dibahas di Maluku ini mengenai telekomunikasi, Apa itu transformasi Digital, pada bidang kesehatan, pendidikan.

“Ada usulan dari masing-masing OPD mengenai pendanaan yang kurang baik terutama dari sisi komunikasi, ada juga usulan tentang lingkungan hidup yang sudah saya masukan untuk kami menyusun RPJPN untuk nanti Bagaimana mencari alternatif apa yang disampaikan oleh teman-teman di sini terutama mengenai gugusan pulau,” ujarnya.

Menurutnya, Provinsi Maluku merupakan Probinsi kepulauan. Karena itu, kita ambil dari segi maritim yang ada. Karena pulau disini dianggap sebagai wilayah yang di dalamnya potensi-ekonomi kemaritiman. Ada industri perikanan, pariwisata Bahari, hal ini yang menjadi potensi yang ada di Provinsi Maluku untuk selanjut akan di sampaikan ke pemerintah pusat untuk ditindaklajuti. Katanya.

Related posts