Bimas Katolik Bakal Buka SMAK Kejuruan Kelautan

Bimas Katolik Bakal Buka SMAK Kejuruan Kelautan

Ambon,Wartamaluku.com – Direncanakan tahun 2017 mendatang, Bimas Katolik akan membuka satu ruang layanan pendidikan khusus jalur kejuruan atau Sekolah Menegah Agama Katolik (SMAK) Kejuruan, Kelautan, dan Perikanan Negeri, selain empat sekolah umum berbasis agama yang setara dengan Madrasah di Provinsi Maluku yang ada sejak 2012 – 2016.

Kepala Bimas Katolik Drs Silvester Duarmas M.Si, kepada wartawan di ruang kerjanya, mengatakan keinginan untuk membuka sekolah kejuruan karena ada payung hukum berdasarkan Permen Diknas Nomor 60 tahun 2014 tentang kurikulum 2013, SMAK atau Madrasah Aliyah (MA) Kejuruan.

Untuk saat ini, Bimas Katolik sementara membuat studi kelayakan, mengkaji, menganalisis, berdasarkan payung hukum Permen Diknas Nomor 60 tahun 2014, sehingga nantinya Sekolah Menengah Agama Katolik Kejuruan Negeri bisa langsung dikelola oleh Bimas Katolik.
Dikatakan, kalau SMAK sesuai Permen Nomor 55 adalah kewenangan gereja, namun sesuai Permen Nomor 60 Bimas Katolik bisa langsung memintakan ijin operasional ke Departemen Agama melalui Dirjen Bimas Katolik untuk menyelenggarakan sekolah tersebut.

Dimana Sekolah Menengah Agama Katolik Kejuruan Kelautan dan Perikanan Negeri dibuka sesuai dengan karakter Maluku khususnya Maluku Tenggara Barat (MTB), yang akan dilakukan uji coba di Saumlaki, dan apabila berhasil akan dibuka di Kabupaten – Kabupaten yang kekayaan lautnya bagus.

Terkait dengan lahan tergantung dengan master plain yang lahan harus 10 hektar yang bisa ditempuh lewat jalur Hibah dari Pemda atau Masyarakat dan Bimas Katolik akan mengajukan permohonan Dana ke Kementrian Agama.

“Jadi, untuk SDM dalam penyelenggaraan sekolah tersebut bisa didapatkan dari SDM lokal, yang mana banyak sekali Sarjana Kelautan dan Perikanan di Maluku, dan kalaupun belum terpenuhi, maka didatangkan dari luar yang bisa menjadi tenaga pengajar,”tandasnya.(WM-Mr)

Related posts