DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna LKPJ Gubernur Tahun 2023

Ambon, Wartamaluku.com – DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat Paripurna dalam rangka penyampaian dokumen Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Provinsi Maluku tahun anggaran 2023

Rapat dipimpin Ketua DPRD Maluku, Benhur George Watubun bersama dengan wakil ketua DPRD Maluku, Melkianus Sairdekut, anggota DPRD, turut hadir Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta undangan lainnya.

Watubun mengatakan dalam penyelenggaraan pemerintahan maka kepala daerah wajib menyerahkan LKPJ setiap tahunnya kepada DPRD Maluku termasuk laporan kinerja selama satu tahun anggaran.

“Kita baru saja menyelesaikan satu momentum yakni Pemilu walaupun belum disahkan secara resmi karena ada pada tahapan-tahapan MK maupun Mahkamah Partai. Kami perlu menyampaikan selamat kepada teman-teman yang terpilih kembali namun selamat juga bagi teman-teman yang belum berhasil karena itu adalah keberhasilan yang tertunda” ujar Watubun, Kamis (4/4).

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku, Barnbas Orno dalam sambutannya mengatakan dalam penyelenggaraan pemerintahan maka penyampaian LKPJ Gubernur sesuai aturan untuk dibahas oleh DPRD Maluku .

Dikatakan Orno, jika Maluku terus mencapai peningkatan dalam berbagai hal menandakan adanya kemajuan .

” LKPJ yang nantinya akan diserahkan kepada DPRD untuk dibahas. Karena pada akhirnya akan disampaikan rekomendasi atas penyampaian LKPJ Gubernur Maluku tahun anggaran 2023″ ujar Orno.

Selanjutnya Watubun menambahkan jika sesuai penyampaian Wakil Gubernur jika Maluku mengalami kemajuan signifikan yang akan diuji dalam pembahasan dokumen. Yang pada akhirnya akan menghasilkan rekomendasi atas LKPJ.

” Sebagaimana diketahui DPRD telah membentuk Pansus LKPJ yang diketuai Rovik Afifudian dan Sekretaris Edison Sarimanella dan anggota yang mewakili unsur fraksi dan komisi yang nantinya akan melakukan pendalaman dan menghasilkan rekomendasi atas LKPJ Gubernur. Karena itu diharapkan OPD untuk setia mengikuti rapat-rapat yang nantinya berlangsung di komisi-komisi” tutup Watubun. (WM/tim)

Related posts