Jalan Leihitu Rusak Berat, DPRD Maluku Minta Dinas PUPR Segera Lakukan Perbaikan

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Cuaca ekstrim disertai gelombang tinggi menerjang sejumlah desa di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Akibat gelombang tinggi tersebut, jalan raya yang menghubungkan desa-desa di Kecamatan Leihitu rusak parah, hingga sulit dilalui kendaraan roda empat.

Demikian kata Sekertaris Komisi II DPRD Maluku, Ruslan Hurasan,Senin (26/12/2022).

“Saya sementara dalam masa reses, atas keluhan masyarakat, saya turut melihat langsung kerusakan yang diakibatkan gelombang tinggi tersebut,” jelas dia.

Atas insiden ini, mendesak Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera memperbaiki akses jalan dari dan menuju Kecamatan Leihitu Barat (Pulau Ambon).

“Pemda Provinsi Maluku lewat Dinas PUPR Maluku bidang Bina marga, diharapakan memperhatikan jalan, jembatan maupun talud penahan ombak pasca dihantam gelombang tinggi beberapa hari yang lalu,” pintanya.

Menurutnya, ini merupakan bencana yang continue terjadi tiap tahun, oleh sebab itu diharapkan pihak terkait melakukan perencanaan yang matang minimal mengantisipasi abrasi dan kejadian tersebut berulang lagi.

“Hampir semua akses jalan dari dan menuju Leihitu- Leihitu Barat rusak berat. Kami minta perhatian serius dari PUPR Maluku, agar secepatnya ditanggulangi jangan sampai menghambat akses mobilisasi masyarakat di akhir tahun 2022,” ujar Politisi PKB tersebut.

Dikatakan, jika kondisi ini terus dibiarkan maka akan lebih parah gelombang tinggi bisa merendam pemukiman warga jika musim penghujan. (***)

Komentar Anda?

Pos terkait