Jumlah Pencaker Mencapai 2.780 Orang

Jumlah Pencaker Mencapai 2.780 Orang

Ambon,Wartamaluku.com – Jumlah Pencari kerja (Pencaker) di Kota Ambon tergolong tinggi. Berdasarkan data yang diterima Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon hingga 31 Agustus mencapai 2.780 orang. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Tenaga Kerja Theo Tousalwa, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (27/9).
Menurut dia, jumlah Pencaker sesuai dengan jumlah angka kartu kuning yang dikeluarkan Disnaker Kota Ambon.

“Tidak mustahil apabila, setiap tahun jumlah pencaker mengalami peningkatan karena, setiap tahun ada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi yang melakukan pengurusan kartu kuning,’’ katanya.

katanya lagi, meningkatnya jumlah Pencaker di Kota Ambon akibat, meningkatnya angka kelulusan siswa SMA dan Perguruan Tinggi. Selain itu banyaknya perusahan yang swasta yang membuka lowongan kerja sehingga, memicu para lulusan untuk membuat kartu kuning. Masih kata dia, setiap pembuatan kartu kuning harus melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto, keterangan domisili, ijasah asli dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat SMA atau Perguruan Tinggi, sehingga pengurusan dapat berjalan dengan baik.

Diharapkan, semua warga yang mencari kerja dapat melakukan pengurusan kartu kuning lebih awal, agar pengurusan dapat diselesaikan sesuai apa yang diharapkan.

“Kalau pengurusan terlambat itu bukan karena petugas namun, kelengkapan dari warga masyarakat yang tidak mendukung pembuatan kartu kuning,’’ terangnya.(WM-Mr)

Related posts