Kedewasaan Pengkaderan KNPI Maluku Harus Ditingkatkan

Kedewasaan Pengkaderan KNPI Maluku Harus Ditingkatkan

Ambon, Wartamaluku.com – Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) KNPI Muhammad Rifai Darus mengatakan Proses kedewasaan kaderisasi KNPI perlu ditingkatkan.sebab kedewasaan yang harus dilihat lagi.
Darus menjelaskan, Wakil Presiden Republik Indonesia dalam percakapan belum lama ini bersama DPP KNPI menitipkan pesan agar pemuda di Indonesia termasuk Maluku dapat mengembangkan ekonomi kepemudaan.

Apalagi dengan Minimnya kader Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang mencalonkan diri pada periodesasi 2017-2020 mendatang menggantikan Bisry As Siddiq Latuconsina, membuat Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) KNPI Muhammad Rifai Darus berang. Namun berangnya tak nampak saat memberikan sambutannya pada acara Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Maluku ke-13 yang berlangsung di Aula Rektorat Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Senin (30/10).

Darus dalam sambutannya mengatakan, sistem pengkaderan pada KNPI Maluku harus ditingkatkan. Peningkatan tersebut harus nampak sehingga ada potensi pemuda yang disiapkan untuk mengemban jabatan-jabatan yang strategis.

“Pengkaderan KNPI di Maluku harus terus ditingkatkan, sehingga ada pengganti atau ada pemimpin baru yang bisa mengembangkan potensi pemuda pada wadah perhimpunan ini,”ungkap Darus.

Selain “Mulai tahun depan, DPP akan melangsungkan program ekonomi kepemudaan yang didalamnya terkait dengan Kewirausahaan. “Pak Wapres RI menitipkan agar pemuda di Indonesia termasuk di Maluku harus mulai memikirkan program ekonomi kepemudaan,”jelasnya.

Dia membeberkan, potensi SDM yang ada di KNPI terutama di Maluku telah melahirkan pemimpin yang handal. Misalnya di Maluku, Zeth Sahubura adalah Mantan Ketua KNPI Maluku dua periode yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Maluku bahkan pernah menjadi Ketua DPRD Maluku. “Jadi banyak yang sudah sukses, dan itu karena sistem kaderisasi berjalan. Kami harapkan juga demikian pada pada periode ini,”tandasnya. (WM)

Related posts