Lailossa Menilai Hanya Pasangan BAILEO Yang Layak Pimpin Maluku

Ambon, Wartamaluku.com – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku semakin dibicarakan masyarakat, kini musisi Asal Maluku, sebut saja Inez Lailossa, pun mulai angkat bicara.

Menurutnya Dalam Pemilihan Gubernur Maluku dan wakil Gubernur 2018, dirinya juga pasti mengambil peran mendukung salah satu pasangan calon (paslon).

Bagi dia, kalau dilihat dari aspek visi dan misi , dia menilai semua visi misi sangat HEBAT dan SANTUN, tetapi pada dasarnya berasal dari rumah tua,yakni BAILEO. Demikian dikatakan Ines Lailossa kepada media ini Rabu, 21/3/2018.

Musisi asal Maluku ini juga mengaku, dirinya sering melantunkan lagu-lagu adat Maluku, dan sebagai anak Maluku Ia lebih cenderung dengan pasangan Calon Gubernur Murad Ismail-Barnabas Orno, karena baginya pasangan ini sangat layak memimpin Maluku kedepan. Dia juga berharap pasangan Baileo bisa memenangkan pertarungan.

“Kalau menurut saya, di antara pasangan – pasangan calon saya lebih cenderung mendukung pasangan nomor urut 2 yakni BAILEO, saya sangat mendukung mereka, sebab pasangan ini selalu mengangkat identitas asli orang Maluku. Sebab di dalam Baileo ini juga sudah terdapat kehebatan, dan kesantunan dari setiap mereka yang berada didalamnya,” tuturnya.

Di sisi lain dia juga mendukung pasangan Baileo karena beberapa alasan, yakni Lailosa menilai, calon wakil gubernur Barnabas Orno dalam setiap orasi politiknya, selalu menyinggung soal budaya, sehingga dari situ bisa terlihat wujud kesantunanya terhadap Maluku.

“Pak Orno ini dalam setiap penyampaian politiknya selalu saja menyinggung soal budaya, adat dan lain-lain. Dari situ kita bisa lihat sendiri, sosok pemimpin Maluku yang layak. tuturnya.

“Saya berharap jika pasangan BAILEO terpilih, semoga mereka bisa membuat satu wadah khusus untuk melindungi karya- karya pada bidang musisi, agar dari karya tersebut bisa dijadikan sebagai Penghasilan Anggaran Daerah (PAD), sebab melihat potensi dibidang musik yang yang ada saat ini jangan sampai disia-siakan begitu saja,” harapnya.

Masih kata musisi ini, Provinsi Maluku cenderung bisa lebih dikenal dunia, dari musisi-musisi lokal yang ada dengan lantunan lagu-lagu daerah asal Maluku.

“Kenyataan yang terjadi Maluku ini dikenal karena salah satunya lagu-lagu kedaerahan dan hal itu jadi potensi yang harus dikembangkan, karena orang luar bisa mengenal kata – kata yang namanya ‘Yana Alifuru, Kalwedo Kidabela dan lain-lain itu, semua hanya dari lagu-lagu yang dinyanyikan”. sebutnya. (WM)

Related posts