Rasa Kepedulian Terhadap Pendidikan, PDIP Maluku Gelar Try Out

Rasa Kepedulian Terhadap Pendidikan, PDIP Maluku Gelar Try Out

Ambon, Wartamaluku.com – Try out (SBMPTN) merupakan salah satu bentuk perhatian dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk dunia pendidikan dengan rasa kepedulian dan tanggung jawab untuk ikut mencerdaskan bangsa, maka Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan berupaya memfasilitasi siswa-siswi SMA/SMK sederajat guna membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi yang gemilang. hal ini disampaikan Ketua DPD PDIP Maluku, Edwin Adrian Huwae saat membuka pelaksanaan kegiatan try out masuk PTN 2016 di Ambon, Sabtu (21/5).

“Ini merupakan komitmen PDI Perjuangan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memfasilitasi para siswa –siswi SLTA/sederajat dalam menghadapi SBMPTN nanti,” ujar Huwae.

Kata Huwae, try out ini bisa menjadi sarana para siswa SLTA/sederajat dalam menghadapi SMBPTN agar berhasil masuk PTN, selain itu try out juga bisa menjadi alat ukur para siswa mengenai kemampuan dan tujuan perguruan tinggi serta memberikan pemahaman para siswa dalam menentukan universitas unggulan.

“Selama ini, banyak siswa biasanya melakukan kesalahan pada saat mengisi data-data dan lembar jawaban,” imbuhnya.

Olehnya itu, lanjut Huwae bahwa pihaknya juga mempersiapkan para siswa tentang cara pengisian data-data pribadi dan data pengisian lembar jawaban pada saat SBMPTN.

Dijelaskan Huwae, tujuan pelaksanaan try out ini adalah yang pertama yakni mempersiapkan mental dan psikologi para siswa pada saat menghadapi SBMPTN karena suasana try out sama dengan suasana pada saat SBMPTN nanti. Dan yang kedua yakni mempersiapkan para siswa cara pengisian data-data pribadi dan data pengisian lembar jawaban pada saat SBMPTN nanti.

“Tujuan ketiga adalah menjadi alat ukur para siswa mengenai kemampuan dan tujuan perguruan tinggi sehingga soal-soal yang dibuat adalah terukur dan identifikasi PTN saat try out. Dan tujuan Keempat yakni memberikan pemahaman para siswa dalam menentukan universitas unggulan misalnya daya tampung dan grade universitas.”tandas Huwae.

Pelaksanaan Try Out ini, lanjut Huwae dilaksanakan selain di Kota Ambon dan diikuti sebanyak 300 peserta, selain itu juga dilaksanakan hal ini dilaksanakan di Kabupaten Aru, dan Kabupaten Buru Selatan.

Huwae berharap Semoga try out ini bisa menjadi motor perubahan bagi Indonesia, khususnya bagi generasi muda di Maluku. (WM-MP-1)

Related posts