Serah Terima dan Sosialisasi (PPTTG) Kepada Masyarakat di Kota Ambon

Ambon, Wartamaluku.com – Bertempat di UMKM Salut Corner Belakang Pengadilan Wara Ambon, Jumat (4/12/2020) Telah dilaksanakan Serah Terima dan Sosialisasi/Pelatihan Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG).

Fahmi dalam sambutannya mengatakan
PPTTG ini merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dikelola dan dikembangkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Dikatakan Program ini dilakasanakan dengan pertimbangan masih adanya sektor pembangunan yang kurang berkembang dan belum mampu bersaing karena lemahnya penerapan, penguasaan dan pemanfaatan produk teknologi.

Hal tersebut juga disebabkan oleh belum maksimalnya hilirisasi hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga, diperlukan upaya lebih komprehensif untuk mengakselerasi proses hilirisasi produk teknologi hasil penelitian Perguruan Tinggi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Ada dua manfaat sekaligus dapat dicapai yaitu Pendayagunaan produk teknologi hasil litbang dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, melalui PPTTG diharapkan masyarakat terpacu untuk meningkatkan budaya IPTEK serta berperan dalam aktivitas sosial ekonomi menuju Indonesia yang sejahtera.

Universitas Darussalam Ambon sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Program ini yang diketuai oleh ibu Juni La Djumat, Shut, MP. salah satu Dosen Fakultas Pertanian Unidar Ambon bermitra dengan UMKM yang ada di Kota Ambon yakni UMKM Salut Corner dan Wara Hydroponic Garden dengan judul Kegiatan yaitu Inovasi Teknologi Produksi Makanan Olahan dan Sayuran Hidroponik Di Kota Ambon.

Acara ini selain dihadiri oleh kelompok Mitra Penerima yaitu ibu Amanah dan Bapak Kamarudin juga hadir sebagai narasumber yaitu Ibu Saadiah Uluputty, ST. Sebagai perwakilan Anggota DPR RI dan Bapak Dr. Jaelani Lamasidonda, SE. MM selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unidar Ambon.

Kegiatan ini berlangsung dengan penuh antusias dan mendapat tanggapan yang positif dari warga setempat. Ungkap Fahmi yang mewakili warga juga karena yang menjadi Narasumber Pelatihan Pengunaan Alat oleh Bapak Muhammad Sigit Cahyono Dosen Tehknik Universitas Proklamasi 45 Jogyakarta. (**).

Related posts