Tahun Ini Empat Puskesmas di Kota Ambon Ikut Akreditasi

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Tahun ini empat Puskesmas di Kota Ambon mengikuti akreditasi. Empat Puskesmas itu masing- masing, Puskesmas Poka, Lateri, Latuhalat, dan puskesmas Halong.

Dan dari empat Puskesmas yang mengikuti akreditasi, Puskesmas Poka mendapatkan hasil akreditasi Paripurna.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendi Pelupessy kepada wartawan, Senin ( 16/10/23).

Dijelaskan, akreditasi dinilai setiap lima tahun sekali, mulai dari mutu hingga SDM di Puskesmas untuk bagimana berhubungan dengan masyarakat.

“Ada lima kriteria yang telah dinilai. Kita yang sudah ikut reakreditasi kembali yaitu Puskesmas Poka, puskesmas Lateri, puskesmas Latuhalat, dan puskesmas Halong, sementara yang melakukan reakreditasi puskesmas Belakang Soya dan Hative Kecil. Dan dari semua itu hasil yang sudah keluar adalah Puskesmas Poka dengan hasil akreditasi paripurna,” kata Pelupessy.

Untuk diketahui, dalam akreditasi terdapat empat tingkat yakni, akreditasi dasar, akreditasi madya, akreditasi utama dan akreditasi paripurna.

Menurutnya, Puskesmas di Kota Ambon rata-rata memiliki akreditasi madya, namun tahun ini ada puskesmas Poka mendapatkan akreditasi paripurna.

“Alhamdulillah tahun ini sudah ada satu puskesmas yang mendapatkan akreditasi paripurna,” ucapnya, sembari menambahkan, akreditasi paripurna merupakan akreditasi yang tertinggi dimana pelayanan mutu yakni mulai dari SDM dan pelayanan kepada masyarakat baik. (**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *