Thio : SDM Maluku Harus Disiapkan Dengan Baik

Thio : SDM Maluku Harus Disiapkan Dengan Baik

Ambon,Wartamaluku.com- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku M. Saleh Thio, mengatakan untuk tahun 2016 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyiapkan program beasiswa S1 bagi generasi muda Maluku yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi.

Program beasiswa ini Pemprov memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku melalui kerjasama dengan beberapa Universitas di Indonesia dan salah satunya adalah Universitas Padjajaran Bandung dan Unpatti Ambon.
Selain bidang geologi yang diutamakan untuk pengembangan Blok Masela, bidang pertambangan, kelautan dan perikanan, transportasi, serta pariwisata juga menjadi perhatian pemerintah.

“Jadi, kita akan mengembangkan bidang – bidang ini, tidak semata – mata hanya bidang geologi saja, yang diprioritaskan, sehingga sumber daya manusia (SDM) Maluku harus disiapkan dengan baik,”ujar Thio.

Menurutnya, kalau pengelolaan Blok Masela itu berhasil maka keuntungan besar akan diperoleh masyarakat Maluku, bukan hanya dari sisi geologi saja kita siapkan sumber daya manusianya lewat ilmu pengetahuan, tentunya kita harus memiliki daya saing, tidak cuman sekedar antusias generasi muda Maluku untuk menerima program beasiswa S1 ini, tetapi harus punya daya saing yang lebih untuk bisa bersaing dengan daerah lainnya di Indonesia.

Olehnya itu, pasar ini akan menjadi pasar bebas dan semua orang bersaing disini. Karena itu, anak – anak Maluku harus mempersiapkan diri dengan baik, supaya kita bisa bersaing dengan siapa saja. (WM-Mr)

Related posts