Forkopimda Maluku Gelar Rakor Kesiapan Pemilu 2019

Ambon, Wartamaluku.com – Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2019, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Maluku melakukan rapat koordinasi kesiapan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif di kantor Gubernur Maluku Rabu (111/4/2019).

Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Plh Gubernur Maluku Hamin Bin Taher. Dirinya berharap kondisi Maluku tetap aman dan kondusif dalam tahapan pesta demokrasi nanti.

Menurutnya, Agenda pemilu serentak 2019 tinggal menghitung hari saja. Kurang dari seminggu, seluruh rakyat Indonesia yang berhak memilih akan berbondong – bondong menuju TPS untuk memberikan hak suaranya memilih presiden dan wakil presiden, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,

“karena kita sebagai warga bangsa, sementara bersiap – siap menyelenggarakan sebuah hajatan demokrasi nasional terbesar yang menentukan keberlanjutan kepemimpinan di Republik ini”, ungkap Plh Gubernur

Salah satu alasan Pemprov Maluku gelar Rapat Forkompimda kesiapan pelaksanaan PILPRES dan Pileg serentak Tahun 2019, dimana akan bekerja bersama – sama dalam konteks untuk saling mengingatkan, saling berbagi informasi, saling mengisi dan dan mengoreksi terkait dengan apa yang menjadi kewenangan maupun tanggung jawab masing – masing pihak. Cara berkerja pun harus terbingkai dalam sebuah mekanisme koordinasi yang harmonis.

Lanjutnya, Untuk suksesnya agenda demokrasi nasional ini, seluruh persiapan harus dilakukan secara baik dan terukur. Perencanaan yang tepat diikuti dengan pelaksanaan yang konsisten, pasti akan memberikan hasil maksimal. “saya percaya, KPU dan Bawaslu punya segudang pengalaman, saya berharap KPU Provinsi memberikan perhatian serius agar jajaran di tingkat bawah benar – benar bekerja sesuai ketentuan”, tuturnya

Sebagai institusi yang diatur secara konstitusional , KPU dan BAWASLU mesti independen dan bebas intervensi kinerja yang menjadi pintu masuk, hadirnya kepemimpinan dengan legalitas kuat dan benar – benar berasal dari rakyat.

“Oleh sebab itu, saya minta kepada KPU dan Bawaslu untuk menyampaikan paparan secara jelas terkait dengan seluruh kesiapan penyelenggaraan PEMILU” tandasnya.

Selain itu, dengan rapat ini diharapkan mendapatkan sharing informasi yang komprehensip dan terintegrasi, agar semua pemangku kepentingan dapat memainkan peranya sesuai kewenangan yang dimiliki.

Plh Gubernur juga menghimbau kepada para caleg, DPD dan partai politik peserta pemilu beserta tim suksesnya maupun simpatisan pendukung agar berkompetisi secara sehat. Percayalah apa yang diperjuangkan dengan benar niscaya memberikan hasil yang benar, “hasil tidak akan pernah menghianati proses”, katanya.

“Untuk rekan – rekan pers juga saya menaruh harapan besar untuk terus mencerdaskan masyarakat kita dengan pemberitaan yang benar dan teruji”, harapnya.

Plh Gubernur Maluku meminta semua pihak untuk terus mendukung upaya bergerak bersama dalam satu tujuan yakni menyukseskan penyelenggaraan PEMILU serentak tahun 2019 yang aman, damai, demokratis dan bermartabat. (WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *