2017, Semua Sekolah di Maluku Bisa Laksanakan UNBK

  • Whatsapp
2017, Semua Sekolah di Maluku Bisa Laksanakan UNBK

Ambon,Wartamaluku.com- Staf Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Hasanuddin mengharapkan agar pada tahun 2017 nanti, semua sekolah di Provinsi Maluku sudah bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal ini dikatakan, Hasanuddin disela-sela melakukan pemantauan UN hari kedua di SMK Negeri 7 Ambon yang merupakan salah satu sekolah kejuruan di Kota Ambon yang melaksanakan UNBK. Dikatakan, saat mengunjungi beberapa SMK di Kota Ambon yang melaksanakan UNBK seperti SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, dan SMK Negeri 7, jelas terlihat semua sekolah sudah memenuhi ketentuan untuk mengkuti UNBK. Ini disebabkan, peralatan komputer yang dimiliki sekolah sudah sangat memadai.

Untuk itu, dirinya berharap nantinya di tahun 2017 mendatang Provinsi Maluku dalam hal ini Kota Ambon, semua sekolah sudah bisa melakukan UNBK, seperti apa yang diharapkan oleh Pemerintah Pusat (Pempus) dalam hal ini Kemendikbud. “Sekali lagi, saya mau katakan kehadiran saya selama dua hari di Propinsi Maluku Kota Ambon, terlihat UNBK berjalan sangat baik tanpa ada kendala apapun. Bahkan terlihat semua masyarakat sangat mendukung berlangsungnya pelaksanaan ujian,”tuturnya.

Dengan demikian, seluruh sekolah di Maluku yang masih ragu dan takut dengan ujian komputer, dirinya katakan tidak perlu ragu maupun takut. Sebab, semua sekolah telah memenuhi syarat untuk melaksanakan UNBK. Karenanya sebagai perpanjangan tangan dari Pempus, pihaknya akan turut membantu supaya kedepan sekolah di Maluku dapat melaksanakan UNBK. Hasanuddin berharap adanya perhatian serius dari Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota, dimana mesti lebih lagi melihat pendidikandengan serius terutama menyangkut sarana dan prasarana harus dilihat dengan baik. “Seandainya ada yang masih belum memadai, tolonglah dibantu agar kedepan sarana dan prasarana tidak menjadi kendala bagi sekolah – sekolah didaerah ini,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Ambon Drs. Saiful, mengaku senang dengan kehadiran orang pusat dalam hal ini yang berasal dari Direktorat SMK pada SMK Negeri 7, untuk dapat menyaksikan secara langsung seluruh siswa dalam melaksanakan UNBK. “Ini merupakan suatu hal yang sangat baik dan kami mau katakan juga selama ujian yang sudah berlangsung dihari kedua ini pada SMK Negeri 7 tidak ada kendala apapun.

Semua berjalan dengan lancar, dimana para siswa mulai dari shift pertama sampai dengan shift ketiga melaksanakan UNBK, tanpa ada yang terlambat dan untuk SMK Negeri 7 seluruh siswa kelas tiga semuanya ikut ujian dengan jumlah peserta ujian sebanyak 165 siswa dalam 6 program keahlian,” tutur dia.

Olehnya itu, sangat diharapkan sampai pada hari terakhir tidak terjadi kendala apapun agar seluruh siswa dapat melaksanakan tanggungjawab mereka dengan sebaik mungkin. Saat disinggung soal akses internet yang digunakan, menurutnya, semua berjalan baik dari awal sampai dengan selesainya UNBK di hari kedua ini. Ditambahkan pula, pada awal UNBK SMK 7 menggunakan 70 unit komputer. (WM-03)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *