BI Gelar Digitalisasi Moluccas Digifest Tahun 2024

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Bank Indonesia Provinsi Maluku menggelar Moluccas Digifest 2024, acara tersebut di buka oleh Gubernur Maluku yang diwakili Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dr. Ir. Syuryadi Sabirin, M.Si, di lokasi Taman Pattimura, part Kota Ambon. Jumat (8/3/2024).

Gelaran ke-2 Mollucas Digifest yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Maluku pada tahun ini mengusung tema “Digitalisasi Maju untuk Pertumbuhan Ekonomi Maluku”.

Pemerintah provinsi Maluku mengapresiasi inisiasi Bank Indonesia melalui Blue Print Sistem Pembayaran (BSPI) 2025 yang telah mensinergikan ekonomi keuangan digital.

Kepala KPwBI Provinsi Maluku, Bapak Rawindra Ardiansah, menyampaikan pentingnya digitalisasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Maluku. Siinergi dan kolaborasi yang baik antara Pemerintah Daerah, regulator, K/L, perbankan, pelaku usaha, dan seluruh pihak terkait menjadi key driver dalam mewujudkan integrasi ekonomi dan keuangan digital.

Moluccas Digifest 2024 merupakan bukti nyata peran KPwBI Provinsi Maluku dalam integrasi dimaksud, baik melalui elektronifikasi bantuan sosial (bansos), transportasi, dan transaksi Pemerintah Daerah (Pemda).

Gelaran hari ini juga menandai selebrasi Kick Off Kartu Kredit Indonesia Pemerintah Kota Ambon, Elektronifikasi pembayaran parkir kendaraan di Bandara Pattimura, Desa Siap QRIS di Negeri Rutong, dan penerapan kurikulum CBP Rupiah di Provinsi Maluku.

Pelaksanaan Moluccas Digifest 2024 selama 2 hari (8 s.d 9 Maret 2024) ini akan menghadirkan ragam kegiatan dan diskusi sebagai bagian dalam menyongsong Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) 2024.

Lebih lanjut sebagai upaya dalam memperluas penggunaan QRIS, edukasi literasi perlindungan konsumen dan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, dan meningkatkan keuangan inklusif akan dilaksanakan berbagai macam acara.

Fun Games dan Sosialisasi CBP, Seminar Perlindungan Konsumen, Lomba Ranking 1, Lomba Running QRIS, Final Lomba Menyanyi Perbankan, Mobile Legend, Tari Kreasi, Seminar Digitalisasi Perikanan, dan ditutup dengan pertunjukan musik.

Moluccas Digifest 2024 juga menghadirkan experience pembayaran digital oleh perbankan, pojok layanan dan konsultasi bersama OJK, serta showcase 28 UMKM binaan dan mitra KPwBI Provinsi Maluku baik untuk pakaian (fashion), makanan (food) dan kriya (craft) yang menyediakan kanal pembayaran non-tunai QRIS untuk mendorong UMKM naik kelas serta mengakselerasi digitalisasi di Provinsi Maluku.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *