Buka Pesparawi X Di SBB, Basudara Muslim Turut Ambil Bagian

  • Whatsapp
Buka Pesparawi X Di SBB, Basudara Muslim Turut Ambil Bagian

Piru, Wartamaluku.com – Gubernur Maluku Said Assagaff resmi membuka kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat provinsi Maluku ke- X yang berlangsung di Kota Piru Kabupaten Seram Bagian Barat yang Kegiatan dipusatkan di Lapangan Kantor Bupati, Minggu (19/11), malam.

Dalam sambutan Gubernur mengatakan, bernyanyi adalah bagian dari Anugerah atas berkat Tuhan.

Menurutnya, dukungan dari saudara muslim merupakan gambaran kerukunan di Maluku. “Saya gembira persaudaraan telah menjadi budaya orang Maluku,” jelasnya.

Masih kata Assagaff, ada tiga poin penting yang dijadikan regerensi Pesparawi yakni berkah untuk Maluku dan konstruktif hidup toleransi yang semakin kuat. Sebab Pesparawi merupakan identitas dan gudang bagi orang yang gemar bernyanyi berimplikasi kultural yang mampu menembus kulturalisasi.

Ketiga, pesparawi bukan soal lomba tetapi paduserasi dalam gerak ale deng beta dia dan mereka.
“Agenda ini bukti kuat bagaimana melakoni secara bersama dalam kasih setia Tuhan,” ucap Assagaff.

Pembukaan Pesparawi ini diawali dengan ibadah bersama. Pada acara pembukaan pesparawi tersebut ada basudara muslim Turut mengisi dengan music hadrat dari negeri Kamal, Kabupaten SBB.

Sementara itu jumlah peserta yang hadir dalam kompetisi pesta paduan suara gerejawi antara lain, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) sebanyak 260, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) sebanyak 280 peserta, Kabupaten Kepulauan Aru sebanyak, 137 orang, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) sebanyak 227 orang, Kota Tual sebanyak 241 orang, Kabupaten Buru Selatan sebanyak 140 orang,Kabupaten Buru sebanyak 27 orang, Kabupaten Seram Bagian Timur sebanyak 96 orang, Kabupaten Maluku Tengah sebanyak 240 orang, Kota Ambon Manise sebanyak 259 orang dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *