Bupati MBD Lantik Empat Kades Terpilih

  • Whatsapp

Tiakur, Wartamaluku.com – Akhirnya empat Kepala Desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak 12 November 2019 lalu di pulau Letti dan Letwurung, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) resmi dilantik oleh Bupati Benyamin Th. Noach di aula Kantor Bupati, Senin, 06/01/2020.

Bupati dalam sambutannya mengatakan proses pilkades yang begitu luar biasa. Namun Pemda tetap berdiri pada aturan Undang – Undang Perdes, karena semua proses ini sudah melalui mekanisme dari awal pentahapan dari Bandan Pemusyawaratan Desa (BPD) hingga pada akhirnya mengikuti tahap akhir yakni pelantikan.

“Proses yang begitu luar biasa dalam dinamika pemilihan ini. Namun Pemda tetap berdiri pada aturan yang berlaku. Dengan melalui mekanisme dari awal hingga selesai tidak ada unsur politik dari bupati MBD tetapi lurus untuk aturan dan Undang – Undang yang berlaku.

Dalam kesempatan ini Bupati berharap Kades – kades yang baru dilantik dapat memperhatikan kedudukan, tugas dan fungsinya serta wewenang sebagai kepala desa dalam rangka mengawal penyelenggaraan pemerintahan desa secara maksimal.

Selain itu Bupati juga berharap agar kedepan tiga desa di pulau letti bisa menjadi garda terdepan di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Dijelaskan, proses pelantikan dari awal bukan karena kemampuan manusia tetapi karena Yang Maha Kuasa sehingga proses pilkades ini bisa berakhir dengan pelantikan.

Selain itu, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik itu Pemerintah Daerah, masyarakat yang telah mendukung proses pilkades serentak hingga sampai pada pengambilan sumpah janji para kades terpilih.

Ditambahkan Noach, pelantikan ini karena ketentuan Undang – Undang yakni harus diselesaikan dalam waktu 30 hari.

“Hari dilantik karena itu berdasarkan Undang – Undang yang berlaku dan sesuai aturan 30 hari harus diselesaikan dan kalau pun tidak selesai pun tetap harus dilantik karena itu berdasarkan peraturan yang ada”, ungkapnya.

Sementara empat kepala desa yang dilantik mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya Benyamin Noach yang telah mengambil keputusan yang tepat dengan melantik mereka (para Kades) ini.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Pak Bupati yang mana telah mengambil keputusan tepat untuk melantik kami”, kata Kepala Desa Tomra dan Tutukey yang baru dilantik ini.

Para kades yang dilantik yakni kepala desa Letwurung Dulu Unmehopa, kepala desa Tutukey Semi Pera, kepala desa Tomra Abner Kapasiang, kepala desa Tutuwaru Meki lupur. (WM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *