Cek Kesiapan, Pimpinan DPRD Maluku Kunjungi RSUD Haulussy Ambon

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – RSUD Haulussy Ambon merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien virus Corona. Karena itu, tidak terlepas dari pentingnya kesiapan pelayanan rumah sakit serta tenaga medis yang siap melayani pasien yang terpapar covid 19.

Karena itu, pimpinan DPRD Maluku yakni, Lucky Wattimury, Richard Rahakbauw, Asis Sangkala dan Melkianus Sairdekut beserta Sekwan, Bodewin Wattimena melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum dr Haulussy-Ambon.

Didampingi Plt Direktur RSUD Haulussy-Ambon, dr Ritha Tahitu dan staf bersama pimpinan DPRD Maluku melihat kesiapan RSUD terkait kelengkapan medis dalam penanganan pasien covid 19.

Tahitu menjelaskan jika perlunya penambahan ventilator atau alat bantu pernapasan bagi pasien covid 19. Diketahui jika harga ventilator mencapai Rp 500.000.000.-

Namun pihaknya sudah mengajukan permintaan bantuan ke Kementrian Kesehatan terkait pengadaan ventilator.

“Untuk ruangan isolasi kita siapkan enam tempat tidur namun kita hanya mempunyai dua ventilator. Karena itu secara otomatis kita masih kekurangan empat ventilator. Sebab saat masuk ruangan isolasi maka tiap pasien dengan ventilator “ ujar Tahitu saat meninjau ruangan isolasi bagi pasien covid 19, Selasa (28/4).

Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury mengatakan apa yang menjadi kebutuhan rumah sakit agar dibuatkan permintaan kebutuhan mendesak termasuk penambahan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

“Dari kunjungan, maka kita telah melihat apa yang telah disiapkan rumah sakit dan apa yang masih dibutuhkan oleh tenaga medis terkait penanganan covid 19” urai Wattimury.

Dikatakan, kedepannya Ia meminta rumah sakit untuk memperhatikan keamanan tenaga medis dalam menjalankan tugas medis dengan memperhatikan prosedur penanganan pasien corona.

“Perlu juga kesiapan dan perlindungan diri yang optimal bagi tenaga medis sebagai garda terdepan. Kita berharap agar badai ini cepat berlalu” tututnya. (**).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *