Curah Hujan Tinggi, DPRD Maluku Himbau Masyarakat Tetap Waspada

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Dalam rangka menghadapi musim hujan, DPRD Provinsi Maluku menghimbau, masyarakat yang tinggal disepanjang aliran sungai, tebing maupun di gunung untuk tetap meningkatkan kewaspadaan sejak dini, karena curah hujan yang tinggi. Demikian dikatakan Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury kepada wartawan diruang kerjanya Selasa 14/7/2020.

Menurutnya, akibat dari curah hujan ini, bisa menimbulkan longsoran dan bencana yang ada di masyarakat, karena hujan yang terus menerus terjadi.

“Saya cuma bisa ingatkan kita semua, hujan ini kita tidak tahu kapan selesai, kalau melihat aktifitas hujan dari waktu ke waktu terus bertambah, itu berarti ancaman akan selalu ada,” ungkapnya.

Dikatakan, apalagi ditengah Covid-19, bisa dibayangkan kita ditekan oleh satu situasi dimana pandemi Covid-19 sementara dihadapi, tetapi disaat yang sama kita berada pada situasi bencana akibat dari hujan yang terus menerus terjadi.

Karena itu, DPRD Dapil Kota Ambon ini menghimbau kalau memang memungkinkan untuk pindah ke tempat yang aman untuk sementara, mengantisipasi jangan sampai terjadi longsoran dan lain sebagai, lebih baik mengambil langkah itu.

“Untuk keselamatan kita, saya menghimbau agar lebih berhati-hati, dan waspada.” tandasnya.

Selain itu, diharapkan kepada kabupaten/kota, kecamatan, negeri, kelurahan supaya setiap waktu bisa saling berkoordinasi dalam rangka melihat akibat dari hujan ini dan dengan cepat menginformasikan kepada pihak-pihak terkait.

Wattimury menjelaskan, terkadang keterlambatan dalam menginformasikan kepada pihak terkait, akibatnya kita lambat dalam pemberian bantuan kepada orang – orang yang mesti menerima bantuan akibat dampak dari cuaca saat ini.

“Kami sudah meminta kepada Dinas Sosial Provinsi Maluku, untuk segera mengambil langkah-langkah berkoordinasi dengan dinas sosial pada masing-masing kabupaten/kota, terutama daerah curah hujan tinggi, agar bisa memperhatikan mereka mengalami musibah karena longsoran atau banjir.

“Jadi bantuan bencana alam bisa diberikan kepada mereka sejauh ini yang betul membutuhkan bantuan.Jadi tidak hanya mereka terdampak Covid-19, tetapi juga terkena dampak dari longsoran atau banjir akibat tingginya curah hujan saat ini.”Ungkapnya.(WM).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *