Dengan APD seadanya, Puskesmas Dobo Intens Jalani Pemeriksaan di Pelabuhan

  • Whatsapp

Dobo, Wartamaluku.com – Dengan alat pelindung diri (APD) seadanya, Puskesmas Dobo Kelurahan Galaydubu Kecamatan Pulau-pulau Aru intens jalani pemeriksaan kepada penumpang Kapal di Pelabuhan Yosudarso Dobo. Jumat, (27/3/2020).

Kepala Puskesmas Dobo, Maria Karemy, SKM. kepada media ini mengatakan, sebagai petugas medis tentunya dilakukannya penanganan pencegahan Covid-19 ini sebagai bentuk kepedulian mereka kepada warga kota Dobo.

Dia menjelaskan pemeriksaan yang dilakukan setelah penumpang turun dari kapal tersebut merupakan bentuk peningkatan kewaspadaan. Adapun pemeriksaan seperti biasanya dilakukan dengan mengecek suhu tubuh penumpang memakai thermal scanner, dan penyemprotan disinfektan.

“Jadi biasanya penumpang turun kemudian dicek dengan thermal scanner dan juga tim kami melakukan penyemprotan disinfektan”¬†katanya

Kekurangan Alat perlengkapan sesuai Standard Operasional prosedur (SOP), dirinya mengakui belum ada, namun semangat mereka melakukan pemeriksaan kepada seluruh penumpang dengan hanya menggunakan peralatan seperti Baju Hujan, Masker, sarung tangan dan penutup Kepala (shower) seadanya, tetap dilakukan Tanpa mengenal rasa lelah oleh mereka.

Dilakukannya pemeriksaan, tutur Karemy, merupakan suatu wujud nyata mereka untuk melayani dengan tulus hati.

Sebelumnya sempat pihaknya melayangkan surat penolakan atas pemeriksaan yang dikarenakan perlengkapannya yang kurang memadai. Hal itu menurutnya sebagai bentuk rasa takut mereka, apa bila terinfeksi akan mengakibatkan keburukan terhadap keluarganya. Karena virus Corona-19 ini ketika terinfeksi bisa mengancam pernapasan manusia sampai meninggal dunia.

Surat yang dilayangkan tersebut mendapat hujan respon negatif dan juga positif oleh publik.

Jalani pemeriksaan yang dilakukan Puskesmas Dobo membuat sebagian besar warga kota Dobo mengapresiasi langkah tersebut. Dengan memberikan dukungan positif serta ucapan terimakasih yang telah menjadi garda depan atas pelayanan kesehatan. Dengan dilakukan pencegahan Virus mematikan tersebut.(WM.Tim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *