Dinas Dikpora Maluku Gelar Rapat Forum Perangkat Daerah

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku mengelar  rapat forum perangkat daerah tahun 2020 yang berlangsung di salah satu hotel di Ambon, Selasa (18/2/2020).

Dalam sambutan Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Asisten II kemasyarakatan Sosial Frona Koedoeboen mengatakan keberhasilan pembangunan kepemudaan dan peningkatan prestasi olahraga di Provinsi Maluku, sangat ditentukan oleh dukungan dan kontribusi pemerintah daerah, masyarakat dan stakeholder terkait.

Karena itu, Kehadiran juga sangat penting yang menandakan bahwa tekad dan komitmen adalah untuk terus berupaya melahirkan pemuda Maluku yang hebat
serta mengembalikan kejayaan olahraga Maluku dengan melahirkan atlet-atlet muda yang berprestasi.

Dikatakan, sesuai VISI Pembangunan Provinsi Maluku yang tertuang dalam RPJMD tahun 2019-2024 yakni : “Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan, dan berdaulat atas gugusan kepulauan”, yang dijabarkan kedalam 6 (enam) MISI, memposisikan pembangunan kepemudaan dan olahraga sebagai salah satu indikator kunci dalam mewujudkan sumberdaya manusia yang profesional, kreatif, mandiri dan berprestasi.

“Itu artinya, Dispora sebagai leading sector,
harus mampu mendesain kebijakan, strategi dan program/kegiatan yang tepat, guna menjawab Visi dan Misi tersebut”, ungkapnya.

Disisi lain, Dispora juga berperan penting dalam mendukung 3 (tiga) sektor unggulan di Provinsi Maluku, yaitu Pariwisata, Perikanan dan Pertambangan. Salah
satunya dengan mengembangkan “sport-tourism” atau pelaksanaan event olahraga khususnya olahraga bahari, yang mempromosikan spot-spot wisata. Program tentu sangat potensial untuk dikembangkan di Maluku, yang memang berkarakteristik kepulauan.

Menurutnya, Dari aspek usia, Dispora Provinsi maupun Dispora Kabupaten/Kota masih relatif muda jika dibandingkan dengan dinas – dinas lainnya, karena baru terbentuk kurang lebih 4 -5 tahun lalu. Tentu tantangan yang akan dihadapi tidaklah ringan. Namun usia yang masih muda, mestinya tidak menjadi penghalang untuk bekerja dan berkarya.

“Justru dalam usia muda, Dispora harus mampu menunjukan kinerja yang baik dan terukur. Dispora harus mampu melahirkan ide dan gagasan-gagasan yang besar bagi kemajuan pembangunan kepemudaan
dan olahraga di Provinsi Maluku”, tuturnya.

Dikatakan pula, Dispora yang hebat, dengan program- programnya yang handal, akan lahir pemuda – pemuda hebat, dan atlet-atlet olahraga Maluku yang hebat pula.
“Yang pasti bahwa Dispora Provinsi dan Kabupaten/Kota harus melakukan lompatan-lompatan melalui program- program yang strategis, agar mampu mensejajarkan din
dengan dinas-dinas lainnya”, ujarnya.

Dijelaskan, dalam kunjungan kerja Menteri Pemuda dan Olahraga di Kota Ambon beberapa waktu lalu untuk menghadiri Kongres Nasional PMKRI, Menpora secara khusus telah meninjau asrama PPLP/PPLPD Maluku dan Stadion Mandala Remaja. Kunjungan ini mesti dimaknai sebagai bentuk kepedulian Menpora terhadap pembangunan kepemudaan dan peningkatan prestasi olahraga pelajar di Maluku.

Terutama penekanan Menpora, bahwa untuk meningkatkan prestasi olahraga, setiap daerah diharapkan memprioritaskan pembinaan satu atau beberapa cabang olahraga unggulan yang dinilai mampu
berprestasi, agar proses pembinaan atlet lebih fokus dan terarah, serta tidak membutuhkan anggaran yang terlalu
besar. Sehingga kedepan, daerah tersebut akan menjadi “Gudang” atau bahkan menjadi “pabrik” atlet cabor unggulan tertentu.

“Karena itu, saya berharap, forum ini menjadi media pemantapan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas perencanaan dan pelaksanaan program/kegiatan antara Dispora Provinsi dan Dispora Kabupaten/Kota serta stakeholder terkait, baik dalam pelaksanaan program tahun 2020, maupun merancang program/kegiatan tahun 2021.
Dan diharapkan makin mempererat persaudaraan dan ikatan silaturahim diantara sesama orang basudara”, ungkapnya. (WM).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *