DPC PDI Perjuangan Tual Buka Pendaftaran Calkada

  • Whatsapp

Tual, Wartamaluku.com – Menjawab agenda KPU yang berkelanjutan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Tual, membuka pendaftaran bakal calon (balon) kepala daerah lingkup kota Tual.

Hal ini secara resmi disampaikan oleh Melki Pranata Koedeoboen, Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Publikasi, DPC PDI Perjuangan Kota Tual kepada WARTA MALUKU, Selasa (16/04/2024).

Lebih lanjut dijelaskan, sehubungan dengan diadakannya pesta demokrasi yaitu Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak, tanggal 27 November 2024, DPC PDI Perjuangan Kota Tual secara resmi telah membuka pendaftaran Balon Walikota dan Wakil Walikota Tual melalui Tim Penjaringan berdasarkan Peraturan DPD PDI Perjuangan Propinsi Maluku, Nomor 01 Tahun 2024 tentang Tata Cara Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah PDI Perjuangan di Propinsi Maluku dan Surat Keputusan Nomor 02/KPTS/DPD.16/IV/2024, tentang Jadwal Pelaksanaan Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Kepala Daerah Wakil Kepala Daerah di Propinsi Maluku.

” DPC PDI Perjuangan Kota Tual, telah membentuk Tim Penjaringan berdasarkan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Dengan komposisi ; Hendrek Watubun sebagai Ketua, Semmy Punjanan sebagai Sekretaris, Jems Songjanan sebagai Bendahara dan Melky Pranata Koedoeboen sebagai Wakil Ketua Bidang Publikasi dan Komunikasi. Jadwal pendaftaran dimulai tanggal 17 April 2024 sampai 30 April 2024, bertempat di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Tual, Jalan R.A Kartini, depan SMA Kristen Tual,” beber Koedoeboen.

Jelasnya lagi, adapun beberapa tahapan pendaftaran yaitu pengambilan formulir, pengembalian formulir disertai syarat formil administratif dan syarat materiil berupa biaya pendaftaran yang wajib dilengkapi oleh balon Walikota dan Wakil Walikota Tual. Juga, verifikasi kriteria bakal calon, survei, dan lainnya.

” Secara umum, kriteria balon antara lain memiliki visi dan misi yang sejalan dengan ideologi dan garis perjuangan partai, memiliki wawasan kebangsaan yang luas, mengedepankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila serta memiliki semangat gotong-royong,” sebutnya.

Koedoeboen menegaskan, sesuai instruksi Ketua DPD PDI Perjuangan Bung Benhur George Watubun, Tim Penjaringan Balon Walikota dan Wakil Walikota Tual, harus bekerja secara profesional, tidak memihak ke kandidat- kandidat tertentu karena Tim Penjaringan telah terikat secara konstitusi partai.

Disinggung terkait figur-figur potensial yang berpeluang dan siap mengikuti kontestasi pilkada, Koedoeboen akui banyak figur-figur potensial daerah bertajuk Spiritual Maren ini.

” Kota Tual berkelimpahan tokoh-tokoh yang dapat memenuhi kriteria. Antara lain ; Pejabat Walikota Tual Bapak Yani Renuat, Hari S.D Tamher, Mohammad Roem Ohoirat dan Baharudin Saleh Ingratubun. Kendati demikian, DPC PDI Perjuangan Kota Tual juga siap membuka diri terhadap kader dari partai lain, guna membangun koalisi yang kokoh pada perhelatan pilkada nanti. Adapun non kader PDI Perjuangan yaitu Mantan Wakil Walikota Tual yang juga Ketua DPC PKB Kota Tual Bapak Usman Tamnge, Bapak Jopie Silubun Ketua Gerindra, Bapak Ali Mardana, Ikbal Matdoan, Taufik Hamud, Djafar Tamher dan Jimal Kabalmay,” akuinya. (WM/tim).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *