DPRD Maluku Apresiasi Naiknya Dana BOS

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim dalam menaikkan Dana BOS 40-100 persen bagi Maluku dan Papua mendapat apresiasi dari berbagai kalangan termasuk DPRD Maluku.

“Kami turut bersyukur dan memberikan apresiasi adanya peningkatan dana BOS, ini membuktikan bahwa pemerintah pusat memberikan perhatian serius untuk peningkatan mutu pendidikan di Maluku,”ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Ruslan Hurasan dikonfirmasi melalui via-telepone, Senin (10/05/2021).

Menurutnya, penambahan dana BOS ini akan berdampak baik dalam hal menutupi atau membiayai komponen lainnya yang diatur sesuai petunjuk teknis (Juknis) terutama mempertegas untuk meningkatkan kualitas Bendahara dan Kepala Sekola dalam rangka perbaikan manajemen secara administrasi.

Hal lainnya, kebijakan ini juga harus didukung dari kualitas pendidikan yang ada di sekolah, serta peningkatan pengawasan terhadap penggunaan dana BOS.

Menindalanjuti hal tersebut, dirinya meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku untuk melakukan evaluasi sekaligus pemeriksaan terhadap penggunaan dana BOS yang telah ditransfer langsung ke masing-masing sekolah SMA/SMK-sederajat yang menjadi kewenangan provinsi. Sehingga mengurangi kecurangan maupun pertanggungjawaban yang dianggap bermasalah.

“Dinas Pendidikan diharapkan untuk memaksimalkan pengawasan dan harus melakukan audit penggunaan dana BOS per-triwulan, sehingga ada kontrol bersama, termasuk kita di DPRD,”ucapnya.

Wakil rakyat dari bumi pamahanunusa ini mengiginkan dengan adanya penambahan dana BOS ini tidak ada lagi jeritan para guru, terutama guru penugasan soal keterlembatan pembayaran upah.

Untuk itu, Dinas Pendidikan harus tegas terhadap Kepala sekkolah yang masih nakal dalam memperlambat proses pembayaran upah tenaga honorer, terutama SK penugasan.

“Jangan ada lagi kata terlambat. karena memang sudah diatur sesuai juknis yang ada, ini harus diperhatikan,”ingatkannya.

Lewat penambahan bantuan dana BOS ini, Ia berharap kepala sekolah betul-betul memaksimalkannya sesuai komponen yang telah diatur dalam peraturan menteri pendidikan kebudayaan maupun juknis.

“Ini menjadi tanggungjawab bersama. Diharapkan dana bos ini mampu meningkatkan kaulitas pendidikan kita di bumi ribu pulau ini,”harapnya. (***)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *