DPRD Maluku Gelar Uji Kelayakan Bagi Calon KIP

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Komisi I DPRD Provinsi Maluku akan menggelar uji kelayakan kepada 10 calon Komisi Informasi Publik (KIP) Maluku yang lolos seleksi, untuk diseleksi lagi dan akan mengerucut menjadi 5 calon KIP pada besok, Rabu (13/11/2019) bertempat di Ruang Paripurna DPRD Maluku.

“Terkait tahapan seleksi Komisi Informasi Publik untuk provinsi Maluku, karena dari Panitia Seleksi sudah menyeleksi dan mengerucut sudah 10 calon dan dari 10 ini, berdasarkan kewenangan-kewenangan, yang harus melakukan uji kelayakan adalah DPRD Maluku,” demikian dikatakan Ketua Komisi I DPRD Maluku Amir Rumra, kepada wartawan di kantor DPRD Maluku usai menggelar rapat bersama Dinas Infokom Maluku, Selasa (12/11/2019).

Politisi PKS ini menuturkan, rapat pertemuan tadi terkait koordinasi persiapan uji kelayakan bagi 10 orang calon. Bersama dinas teknis selama ini yakni Dinas Infokom, kita bicara kesiapan-kesiapan dan mekanisme yang kita dudukan sama-sama, supaya besok calon komisioner jangan kaget dengan situasinya. Mekanisme uji kelayakannya terbuka . Pihak media bisa meliput. Ruang juga sudah disiapkan.

Sesuai kesepakatan, sebutnya, masing-masing orang kita atur waktunya, minimal kita gunakan waktu 1 hari sudah harus selesai. Dulu juga begitu, hasilnya langsung kita umumkan, namun dulu 4 tahun lalu, uji kelayakan sampai malam . Besok juga sama tetapi bedanya, kita manfaatkan waktu sore sudah bisa selesai.

Dirinya mengakui, besok kita di berikan batas waktu masing-masing Anggota Komisi 5 menit, ditambah dengan per 1 orang calon di berikan waktu 40 menit. Sehingga, kalau dihitung 1 orang 5 menit maka, kurang lebih 40 menit karena kita di Komisi 8 anggota, 1 orang ijin. Mudah-mudahan, besok kita maksimal kan untuk 8 orang betul-betul objektif.

“Objektifitas dan profesionalisme betul-betul kita jaga. Sehingga hasil yang betul-betul . Kami di internal komisi juga tidak ada komunikasi 1 dengan yang lain. Saya juga berikan kebebasan masing-masing , kira-kira siapa yang punya penilaian tertinggi. Itu kita hasilkan betul-betul, supaya hasilnya juga objektif. Kita upayakan,” tegasnya.

Sekedar diketahui, besok 10 calon komisioner KIP Maluku yang akan mengikuti uji kelayakan oleh Komisi I, yakni,
M. Kamil Fuad, Mochtar Touwe, Roos Merry Tomasoa, Siti Nur Malawat, Boy Stevhen Hutapea, Rein Albert Louhena, Yudhy M Latuconsina, Cany Latuhihin, Richard Sipahelut dan Reynold Charles Werinussa.

Sementara itu, disela-sela rapat koordinasi tersebut, Kepala Dinas Infokom Maluku, Frona Koedoeboen mengharapkan, ada keterwakilan gender dari hasil seleksi nantinya.

“Kami harapkan, hasil seleksi nantinya ada keterwakilan gender. Khusus keterwakilan perempuan pada komisioner KIP yang terpilih nantinya,” harapnya. (**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *