DPRD Maluku Minta Pemerintah Pastikan Ketersediaan Pangan

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Meningkatnya covid 19 di Maluku sangat berdampak bagi kelangsungan hidup salah satunya ketersediaan pangan yang cukup. Karena itu, DPRD Maluku meminta kepala daerah sigap melakukan koordinasi dengan Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mengetahui ketersediaan beras dan gula dan kebutuhan lainnya. Demikian dikatakan Wakil Ketua DPRD Maluku Sairdekut di DPRD Maluku, Rabu (29/4).

Menurutnya, prioritas penyediaan pangan sangat penting karena belum dapat dipastikan kapan pandemi corona berlalu.

Dikatakan, apalagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) semakin meningkat hingga Pemerintah rencana memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB). Karena hal seperti ini mesti disikapi jangan sampai terjadi krisis pangan.

“Yang namanya pangan atau makanan menjadi prioritas masyarakat. Karena itu, Presiden RI Joko Widodo telah memberikan warning bagi kepala daerah mengantisipasi terjadinya krisis pangan jika pandemi corona belum juga usai” tuturnya.

Karena itu, lanjut Sairdekut, baik gubernur, bupati maupun walikota untuk menyikapi dengan mempersiapkan pangan lokal dan kebutuhan masyarakat di daerah masing-masing.

Ditambahkan, ketersediaan pangan mesti diperhatikan dengan baik, agar tidak terjadi kelangkaan. Apalagi umat muslim mau merayakan hari raya idul Fitri.

“Penyediaan pangan mesti disiapkan hingga usai perayaan Idul Fitri. Karena itu mesti dihitung dengan baik apa saja yang merupakan kebutuhan pokok warga agar tidak terjadi kelangkaan bahan makanan “ urainya. (**).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *