Gelar Rakor Perencanaan SDA, Ini Arahan Pj Walikota Ambon

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, menggelar Rapat koordinasi (Rakoor) sinergitas dan harmonisasi perencanaan pembangunan Sumber Daya Alam (SDA) bersama perwakilan kelompok Petani dan perikanan yang tersebar pada 5 Kecamatan di kota Ambon. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Vlisingen Balai kota Ambon, Rabu (16/8/2023).

Pj Walikota Ambon, Bodewin Wattimena menyampaikan, Rakor yang dilaksanakan oleh Bapedda-Litbang Ambon dalam rangka perencanaan pembangunan pada bidang SDA.

“Sasaran kita hari ini adalah mengundang para penyuluh pertanian, perikanan, untuk mendengar apa yang menjadi kebutuhan serta keinginan mereka, kemudian ditampung dalam perencanaan SDA Kota Ambon,” kata Walikota.

Diakui, keinginan Pemkot ingin melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik, yakni untuk bagaimana melihat kebutuhan nelayan dan petani untuk membantu mereka. Para ahli yang terus meningkatkan variatas pertanian dan sebagainnya. Dan juga dukungan teknologi untuk memudahkan pelayanan.

“Peran dari nelayan dan petani sendiri soal upaya mereka untuk terus berjuang keras, menampilkan ketrampilan, kemampuan, pengetahuan. Supaya pada waktunya dari usaha, produktifitas bisa meningkat dan berdampak pada kesejahteraan mereka,” ungkap Wattimena.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya berharap, dari kegiatan ini pada waktunya menghasilkan rumusan-rumusan kebijakan mengakomodir kebijakan petani, nelayan. Untuk bagaimana, Pemkot memberikan dukungan kepada mereka, dunia usaha dalam proses pemasaran itu paling penting.

“Selama ini, petani kita bantu dengan Hand traktor, pupuk, bibit. Sementara nelayan di bantu dengan pancing Tonda, keramba, bibit ikan. Tetapi yang kita inginkan serta memastikan bahwa minimal dari upaya yang dilakukan bisa meningkatkan produktivitas untuk memenuhi warga Kota Ambon, tidak perlu di ekspor tetapi minimal di jual,” tutup Sekwan DPRD Provinsi Maluku itu. (WM/tim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *