GUBERNUR DIDAMPINGI WAGUB LAUNCHING FESTIVAL AL-FATAH TAHUN 2024

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail didampingi Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Nathaniel Orno, Kakanwil Kementerian Agama, Sekretaris Daerah Maluku, Penjabat Walikota Ambon, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Maluku, secara resmi me-Launching Festival Al-Fatah Tahun 2024 yang ditandai dengan pemukulan rebana, bertempat di pelataran masjid raya Al-Fatah Ambon, pada Jumat (24/11/2023) malam.

Hadir juga pada kesempatan itu Ketua Yayasan Al-Fatah, Imam Besar Masjid Raya Al- Fatah, Ketua-ketua Ormas Islam, Pimpinan OPD Terkait lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Pimpinan Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan unsur terkait lainnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di dalam sorotan tema Festival Al-Fatah 2024 M/1445 H : Momentum Perayaan budaya dan Kebudayaan Muslim Maluku.

Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, Gubernur pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada pengelola masjid raya Al-Fatah beserta segenap jajrannya yang telah mengurus, menggagas dan menyelenggarakan kegiatan ini.

Murad dalam sambutannya mengatakan, secara hsitoris keberadaan sebuah Masjid bagi umat Islam bukan sekedar tempat sholat berjamaah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, tetapi juga memiliki fungsi sosial yang sangat penting dalam membangun Masyarakat.

“Hal ini bisa disaksikan dalam Sejarah masjid di era Nabi Muhamad SAW yang dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan membahas berbagai program penting guna memajukan Masyarakat setempat.” Jelasnya.

Ia menegaskan Pemerintah Provinsi Maluku, tentu akan mendukung sepenuhnya berbagai kegiatan positif seperti ini guna meningkatkan fungsi masjid yang selama ini hanya menjalankan fungsi ibadah semata.

“Kita perlu melakukan transformasi spiritual dari sekedar memakmurkan, sehingga memberikan kontribusi bagi peningkatan keimanan dan ketaqwaan sekaligus meningkatkan kesejahteraan umat lahir, maupun batin.” Tutupnya.

Kegiatan yang diramaikan oleh Masyarakat setempat ini, dirangkaikan juga dengan pertunjukan seni dan budaya, diantaranya pementasan tarian, sholawat, dan masih banyak lagi. (**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *